6 Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan Tubuh

Kecambah adalah salah satu bahan makanan populer di Indonesia. Kecambah memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Kecambah banyak disukai karena rasanya yang gurih dan segar. Kecambah juga memiliki rasa yang sangat flesksibel untuk dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Dibeberapa wilayah bahkan terbiasa menyajikan kecambah dalam keadaan mentah untuk dimakan bersama sambal. Kita biasa menjumpainya dalam makanan-makanan tradisional seperti soto, pecel, lotek, rujak dan lain sebagainya.

Berikut manfaat kecambah yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda :

1. Mengatasi Anemia

Bila anda rentan terhadap serangan penyakit anemia dimana sel darah merah berkurang, maka tidak ada salahnya untuk memulai mengkonsumsi sayuran mungil ini dengan teratur. Hal ini karena kecambah dapat membantu pembentukan hemoglobin pada tubuh anda. Seperti yang anda ketahui, hemoglobin adalah salah satu protein yang terkandung dalam sel darah merah.

Selain itu, kandungan lain pada kecambah seperti Vitamin C juga dapat membantu proses penyerapan dari zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, akan menurunkan resiko dari kekurangan zat besi.

2. Mengatasi Obesitas

Jika anda memiliki masalah dengan obesitas atau kegemukan dan mempunyai niatan untuk menurunkan berat badan anda. Maka, cobalah dengan mengkonsumsi kecambah secara teratur. Karena kecambah memiliki kandungan lemak yang rendah sekitar 0, 11 gram dengan ukuran satu mangkuk kecambah.

Tentunya, dengan menjadikan kecambah sebagai menu makanan anda sehari-hari, maka dengan perlahan berat badan anda akan menurun. Ini berarti dengan mengaplikasikan diet rendah lemak dengan kecambah merupakan salah satu cara paling aman untuk menurunkan berat badan anda agar mencapai berat badan yang ideal.

3. Melancarkan Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan kerap sekali menjadi masalah yang perlu ditangani dengan sesegara mungkin. Karena akan menyebabkan rasa sakit pada alat ekskresi. Untuk mengobatinya maka cobalah dengan mengkonsumsi kecambah. Kecambah mempunyai sifat basa dimana akan menjaga dan mengatur tingkat produksi keasaman pada lambung.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada kecambah pastinya dapat memperbesar kontraksi pada saluran pencernaan anda. Sehingga dapat berguna untuk memperlancar saluran ketika sedang buang air besar.

4. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh bila tidak ditangani dengan tepat. Selain itu, juga dapat berakibat fatal seperti kematian. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mencegah terjadinya kanker itu supaya tidak menyerang anda,

Salah satunya dengan cara mengkonsumsi kecambah secara teratur. Hal ini karena kandungan oksidan dalam kecambah dapat membantu menghentikan pembelahan pada sel-sel kanker dan memperlambat terjadinya proses penuaan pada kulit.

5. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang biasanya menyerang siapa saja yang berusia lanjut. Namun, penyakit ini rentan menyerang kaum wanita. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi kecambah untuk mencegah penyakit tersebut.

Hal ini karena dalam kecambah terdapat kandungan estrogen yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan ketebalan pada tulang. Selain itu juga dapat memperbaiki struktur pada tulang yang tidak benar dan juga dapat mencegah terjadinya proses kebusukan pada tulang. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang dengan mengkonsumsi kecambah secara teratur.

6. Mencegah Serangan Jantung

Penyakit jantung mempunyai dampak yang berbahaya bagi tubuh bila tidak segera ditangani. Karena dapat menimbulkan penyakit lain seperti stroke atau bahkan bisa mengalami kematian. Maka dari itu agar terhindar dari salah satu penyakit itu mulailah dengan menjaga pola makan anda dan gaya hidup anda.

Salah satunya dengan mengkonsumsi kecambah. Hal ini karena kandungan dalam kecambah dapat melawan kandungan lemak jahat yang menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsilah kecambah secara teratur tiap harinya.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *