6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Bronkitis

Bronkitis adalah suatu kondisi medis di mana saluran udara dari paru-paru membengkak akibat iritasi oleh stimulus eksternal. Ini juga mungkin merupakan gejala sekunder pilek atau flu yang bisa disebabkan karena infeksi virus. Bronkitis juga dikenal sebagai pilek dada.

Jadi, jika Anda melihat gejala seperti mengi saat bernapas, batuk keluar dahak berwarna, demam ringan, sakit tenggorokan, dan kelelahan, itu bisa menjadi kasus bronkitis. Setelah berkonsultasi dengan profesional medis, jika kondisi ini didiagnosis sebagai bronkitis, selain obat-obatan, hindari makanan tertentu dapat membantu Anda lebih cepat sembuh.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Bronkitis

Produk makanan yang memicu terbentuknya lendir harus dihindari sepenuhnya. Produk susu, cokelat, pisang, dan semua makanan olahan, gorengan, dan junk food harus dihindari. Hindari gula yang diproses, alkohol, dan juga merokok.

1. Susu dan Produk Susu

Susu dan produknya adalah salah satu makanan yang paling sehat, dan menduduki tempat pertengahan di piramida makanan. Tetapi bila Anda terserang bronkitis, mereka dianggap buruk karena mengandung lemak jenuh. Ketika lemak jenuh dikonsumsi selama sakit bronkitis, dapat meningkatkan produksi dahak dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam bernapas.

Makanan seperti penuh lemak atau susu, keju tinggi lemak, sup krim, pizza keju, es krim, mayones, dan roti berselai lemak, serta saus, harus dihindari.

Jika Anda masih merasa ingin menikmati susu atau produk susu, pilihlah yang non-lemak, rendah lemak, atau versi mengurangi lemak. Susu skim, keju rendah lemak, atau yogurt mungkin pilihan yang lebih baik.

2. Gorengan dan Makanan Berminyak

Ayam goreng, keripik kentang, dan snack berkontribusi sama untuk memperburuk kondisi bronkitis. Alasannya adalah, bahwa makanan yang digoreng mengandung oksidan, dan tinggi lemak jenuh. Keduanya tidak baik untuk mengurangi lendir dan dahak, lebih jauh lagi, mereka tidak memberikan nilai gizi.

Sementara untuk pemulihan bronkitis, disarankan untuk makan ayam dan ikan yang dikukus. Mereka masing-masing adalah sumber yang kaya protein dan asam lemak omega, yang membantu dalam rehabilitasi cepat. Setiap produk makanan hewani yang dipanggang, kukus, dibakar, atau rebus bermanfaat dan aman dikonsumsi penderita bronkitis.

3. Karbohidrat

Gula yang diproses tidak disarankan untuk penderita bronkitis. Produk seperti minuman manis, minuman berkarbonasi, sereal sarat gula, sirup, permen, coklat, atau kue dan roti yang dipanggang, seperti cake, brownies, muffin harus benar-benar dihindari.

4. Produk Tinggi Sodium

Makanan asin menahan air dalam jaringan bronkial, yang dapat memperlambat pemulihan dari peradangan. Untuk mencegah beban tambahan pada jantung dan paru-paru, hindari garam. Gunakan ramuan alami lain, seperti lemon, merica, oregano, thyme atau basil sebagai bumbu untuk makanan Anda.

5. Alkohol atau Minuman Beralkohol

Alkohol bekerja pada sistem saraf pusat dan memperlambat refleks batuk dan bersin yang penting untuk membersihkan saluran udara. Alkohol juga mengurangi cairan tubuh dan mengakibatkan kehilangan cairan penting dengan cara buang air kecil. Dengan kehilangan air, lendir cenderung menjadi lebih tebal dan lebih keras dan karenanya sulit untuk batuk.

6. Asap Rokok

Anda telah mendengar hal itu dari mana-mana, sekarang membacanya lagi. Berhenti merokok! Terutama jika Anda rentan terhadap bronkitis, atau menderita dari itu. Juga, Anda tidak harus memungkinkan orang untuk merokok di rumah Anda. Hal ini disebut perokok pasif. Merokok menyebabkan kerusakan paru-paru.

🔥86

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *