6 Makanan Sehat Bagi Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu pancaindera yang berguna untuk mendengar. Tingkat akurasi pendengaran akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi tersebut sering disebut dengan istilah presbikusis atau gangguan pendengaran yang berkaitan dengan bertambahnya usia. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga?

Untuk menjaga kesehatan telinga bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu salah satunya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi. Konsumsi makanan kbergizi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan telinga. Disamping itu, gaya hidup sehari-hari juga harus senantiasa dikontrol supaya tidak merusak inder pendengaran.

Setiap organ vital yang kita punya, tentu punya asupan utama makanan yang dapat membuatnya menjadi berfungsi secara sempurna dan maksimal. Tak terkecuali untuk telinga dan pendengaran,

Berikut Makanan yang baik untuk kesehatan telinga :

1. Kalium

Kalium membantu menjaga kadar cairan dalam darah sehingga dapat meningkatkan kemampuan pendengaran mengingat cairan dalam telinga bagian dalam Anda juga kaya kalium. Kalium terdapat dalam kentang, bayam, tomat, kismis, aprikot, pisang, melon, jeruk, yogurt dan susu rendah lemak.

2. Folat

Asam folat berguna untuk menghasilkan sel-sel baru serta meningkatkan sirkulasi darah Anda. Dengan sirkulasi yang baik akan memastikan bagian dalam telinga Anda sehat. Folat terdapat dalam sereal, hati, bayam, brokoli, asparagus, kacang hijau, alpukat, selada, kacang, jus tomat, telur, stroberi, pepaya, pisang, dan melon.

3. Magnesium

Magnesium mampu melindungi telinga Anda dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan suara keras, sehingga membantu untuk mencegah gangguan pendengaran. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa rendahnya tingkat magnesium menyebabkan pembuluh darah di telinga menyusut, merampas oksigen dan membuat telinga mudah tuli. Magnesium utama terdapat dalam pisang, kentang, bayam dan brokoli.

4. Seng

Seng atau Zinc juga merupakan mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga membantu mencegah infeksi telinga. Zinc terdapat dalam kacang mete, kacang almond, kacang tanah, kacang polong, lentil, cokelat hitam, tiram, daging sapi dan ayam.

5. Vitamin D

Vitamin D pada dasarnya berperan dalam membantu penyerapan kalsium kedalam tulang. Nah, proses tersebut mempengaruhi telinga. Kekurangan vitamin D bisa berakibat terhadap pengerasan dan berpori pada tulang telinga. Hal ini berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran. Maka dari itu perbanyak konsumsi makanan seperti salmon, ikan tuna, makarelm kuning telur dan berjemur dibawah sinar matahari.

6. Omega-3

Asam lemak omega-3 berguna untuk mencegah hilangnya pendengaran. Nutrisi ini berperan dalam mensinkronisasi antara otak dengan telinga. Disamping itu, omega-3 juga berperan dalam mencegah terjadinya peradangan.

🔥12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *