6 Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol ditemukan di setiap sel tubuh, entah itu baik maupun buruk. Kolesterol bisa berfungsi untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, serta menghasilkan vitamin D.

Tingginya jumlah LDL dalam darah dikenal dengan sebutan hiperkolesterolemia yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung. Untuk itu, kamu harus menurunkan kolesterol jahat yang naik.

Berikut Makanan Penurun Kolesterol :

1. Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan sehat dan memiliki kandungan karbohidrat yang lebih baik dari pada nasi. Bahkan banyak dokter yang menganjurkan penderita kolesterol untuk beralih mengkonsumsi gandum sebagai makanan pokok pengganti nasi. Gandum memang telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

2. Ikan

Ikan memang diketahui memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang terdapat di dalam ikan dan sangat bermanfaat bagi manusia yaitu omega 3. Omega 3 sendiri banyak terdapat pada ikan salmon, tuna dan sarden. Kandungan gizi yang baik pada ikan inilah yang akan membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Dark Chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang dari segala usia. Coklat hitam sendiri mengandung antioksidan yang tinggi dan baik bagi kesehatan, antioksidannya sendiri yaitu flavonoids. Kandungan antioksidan ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di daam tubuh, namun perlu anda garis bawahi bahwa coklat mengandung gula sehingga anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan jangan berlebihan.

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti pistachio dan almond mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Namun untuk mengkonsumsinya dianjurkan untuk mengkonsumsinya tanpa tambahan bumbu penyedap rasa dan dalam jumlah yang cukup.

5. Alpukat

Buah alpukat memang sering sekali di sajikan sebagau jus atau campuran untuk berbagai minuman. Perlu anda ketahui bahwa alpukat mengandung lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Untuk mengkonsumsinya sendiri anda bisa membuatnya sebagai jus.

6. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang sering juga di sajikan sebagai jus atau minuman lainnya. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon memang terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *