6 Langkah Menjaga Persendian Menjadi Kuat Dan Sehat

Persendian merupakan area di antara dua tulang yang berhubungan. Bagian tubuh yang satu ini terletak di beberapa tempat, seperti di jari tangan, siku, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, rahang, panggul, pangkal paha, lutut, kaki, dan antara tulang dada dan tulang selangka. Persendian umumnya terbuat dari jaringan ikat fibrosa dan tulang rawan beserta sinovial sebagai bantalan diantara kedua ujung tulang. Persendian memiliki fungsi penting, yaitu menghubungkan tulang agar bagian tubuh dapat bergerak dan menyokong berat tubuh.

Sayangnya, cedera dan pertambahan usia dapat membuat tulang rawan aus, hingga menimbulkan reaksi yang dapat merusak sendi dan menyebabkan radang sendi. Mengetahui krusialnya fungsi persendiaan, tak berlebihan jika dikatakan bagian tubuh yang satu ini harus dirawat dan dijaga kesehatannya agar selalu berfungsi dengan baik.

Caranya adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada persendian melebihi kapasitas normal. Akibatnya, persendian menjadi lemah dan rusak, terutama di persendian yang menahan berat badan seperti lutut, pinggul, dan punggung. Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi.

2. Banyak bergerak, tapi jangan berlebihan

Kurang gerak membuat sendi menjadi kaku. Banyak bergerak dan rutin olahraga membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Bahkan, olahraga mampu menjaga fungsi sendi dan mengurangi kecacatan pada penderita radang sendi. Namun, ada yang harus diperhatikan saat Anda berolahraga:

Memakai alat pelindung (helm, bantalan lutut, siku, pergelangan tangan) agar sendi terhindar dari luka atau cedera. Pelindung di siku tangan dan pergelangan tangan juga mengurangi hentakan sendi saat beraktivitas. Alat pelindung bisa Anda gunakan ketika bersepeda, mengendarai motor, memakai rollerblade, dan berbagai aktivitas berisiko lainnya. Luka ringan atau cedera serius dapat merusak tulang rawan di persendian, hingga menyebabkan masalah jangka panjang.

Pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Pemanasan dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan persendian serta melemaskan gerakan sendi sehingga mencegah sendi terkikis, sekaligus mencegah kram otot.
Jangan berlebihan. Terlalu sering atau keras berolahraga justru dapat merusak persendian.

3. Menjaga postur tubuh yang baik

Seorang professor ortopedi menyarankan untuk duduk, berdiri, dan berjalan dengan postur yang baik (tulang punggung lurus sejajar) agar berat badan terbagi dengan merata dan tubuh menjadi seimbang. Postur tubuh yang buruk dapat mengganggu keseimbangan dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada persendian. Efeknya, persendian menjadi nyeri dan rusak. Disarankan untuk membiasakan diri dengan postur tubuh yang baik seperti pundak sejajar, dada tegak, perut sedikit ditarik ke dalam, dan telapak kaki menghadap ke depan.

4. Mengangkat benda berat dengan benar

Mengangkat barang berat dengan posisi yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada persendian. Benda berat memberi beban ekstra pada sendi sehingga. lebih rentan terhadap cedera dan kerusakan. Jika Anda harus mengangkat benda berat, tekuklah pinggul dan lutut hingga dalam posisi jongkok. Lalu luruskan kaki untuk mengangkat benda tersebut. Disarankan untuk tidak mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu

5. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk persendian

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan sendi:

  • Buah-buahan dan sayuran yang berwarna seperti ceri, blueberry, blackberry, delima, paprika, jeruk, tomat, dan nanas,
  • Makanan kaya kalsium dan vitamin D seperti salmon dan sardin,
  • Makanan yang dapat mencegah atau mengurangi inflamasi (radang) seperti oatmeal, kunyit, dan kacang walnut,
  • Makanan kaya anti-oksidan seperti brokoli dan bok choy.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, garam, dan gula seperti soda, bir, dan bacon.

6. Suplemen sendi

Tidak sedikit orang minum suplemen sendi yang mengandung glukosamin dan kondroitin untuk menjaga kesehatan persendian. Suplemen tersebut diduga dapat mengurangi nyeri osteoarthritis yang sedang atau berat pada beberapa orang. Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif sendi yang menyebabkan nyeri dan pembesaran tulang. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan jika suplemen dapat mencegah segala bentuk radang sendi.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit sendi ini diantaranya juga dengan menjaga pola makan, cukup asupan kalsium dan vitamin sendi lainnya, serta rajin olah raga. Seperti asam urat, hindari pola makanan yang banyak mengandung purin, semisal jeroan, minuman beralkohol, ikan hering, kerang, udang dan seterusnya.

Dan yang tak kalah penting dengan memperbanyak minum air putih, serta mengkonsumsi nutrisi yang mengandung astaxanthin. Hawaiian Astaxanthin adalah kandungan utama Moment Haxanthin. Dengan mengkonsumsi MOMENT HAXANTHIN untuk menyembuhkan sakit pada persendian. Karena moment Haxanthin ini sangatlah ampuh untuk menyembuhkan sakit persendian

BERIKUT  TESTIMONI

Untuk Konsultasi Dan Pemesanan

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *