6 Langkah Cepat Meringankan Kondisi Penderita Bronkitis

Seseorang yang menderita peradangan pada saluran bronkus yang membawa udara ke paru-paru berarti menderita bronkitis. Kronis atau diartikan sudah berlangsung lama, dalam hal ini adalah bronkitis kronis, merupakan salah satu jenis penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Para penderita bronkitis biasanya akan menderita batuk berdahak, sesak napas, mengi, dan dada terasa sesak. Meski pengobatan telah dilakukan, penderita bronkitis kronis mungkin tidak sepenuhnya bisa terbebas dari penyakit ini.

Untuk meringankan kondisi penderita bronkitis kronis, beberapa langkah berikut bisa dilakukan.

1. Hentikan kebiasaan merokok

Salah satu faktor resiko utama terkena bronkitis kronis adalah merokok. Sekitar 9 dari 10 orang yang terkena bronkitis kronis adalah mereka yang biasa terpapar oleh asap rokok atau memiliki riwayat pernah merokok. Bila perokok mengalami batuk yang berlangsung lama (kronis), maka hal tersebut dapat menjadi pertanda paru-paru telah mengalami kerusakan.

2. Membiasakan berolahraga secara teratur

Keuntungan olahraga secara teratur adalah memperkuat otot-otot yang dapat membantu proses pernapasan. Jika sudah lama tidak berolahraga, mulailah kembali dari yang ringan dahulu dengan frekuensi yang tidak terlalu sering dan durasi yang singkat. Tingkatkan frekuensi secara perlahan-lahan hingga menjadi tiap hari dengan durasi yang kian bertambah lama jika sudah terbiasa.

3. Menjaga kelembapan ruangan

Karena penderita bronkitis kronis sering mengalami sesak napas, maka jadikan suhu ruangan rumah menjadi lebih nyaman untuk mereka. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan hal ini adalah dengan mengoperasikan pelembap ruangan. Sebaiknya kamar tidur penderita mendapat prioritas utama untuk memakai pelembap ruangan. Jaga kelembapan ruangan tersebut antara 30-50 persen.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Kesulitan bernapas yang dialami oleh para penderita bronkitis kronis bisa merembet pada hilangnya nafsu makan. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka penderita bronkitis kronis harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan bagi mereka adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Sumber makanan lain yang bisa dijadikan pilihan adalah daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, susu rendah lemak, dan produk olahan susu rendah lemak. Sebaliknya, penderita bronkitis kronis disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak jenuh, lemak trans, garam berlebihan, kolesterol, dan gula yang ditambahkan ke dalam makanan.

5. Istirahat cukup

Mereka yang mengidap penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK pada dasarnya membutuhkan lebih banyak tenaga hanya untuk bernapas. Penderita bronkitis kronis yang termasuk PPOK mungkin dapat menghabiskan energi 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan orang-orang yang memiliki paru-paru sehat. Tentu saja mereka harus mengetahui seberapa banyak aktivitas yang dibutuhkan agar stamina mereka tetap terjaga.

6. Terapi Moment

Bioflavonoid pada Propolis Moment adalah suatu nutrisi yang berfungsi membantu memperbaiki kerapuhan dan kebocoran salurah darah dan juga memulihkan sistem kapilari ( didalam 1 tetes kandungan biflavonoid propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan oleh 500 buah jeruk )

Bioflavonoid juga merupakan pigmen warna yang ada dalam tumbuhan yang mempunyai kemampuan untuk melindungi tumbuhan dari penyakit yng berfungsi sebagai :

  • Anti-Inflamasi (anti radang).
  • Anti- Neoplasma (tumor /kanker).
  • Memiliki aktivitas regulasi terhadap enzyme dan hormone didalam tubuh
  • Sebagai antioksidan untuk tubuh
  • Berguna untuk memperbaiki kinerja jantung.
  • Melindungi permeabilitas dinding pembuluh darah dan elastisitas
  • Mencegah dari berbagai radikal bebas dari jamur, virus dan bakteri
  • Berfungsi untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

BERIKUT TESTIMONINYA

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *