6 Cara Jitu Mencegah Migrain Supaya Tidak Kambuh Lagi 

Apakah Anda pernah mengalami migrain? Biasanya, migrain menimbulkan sakit kepala sebelah yang rasanya lebih sakit dari sakit kepala biasa dan kepala terasa nyeri berdenyut parah. Tentu saja, kondisi ini akan mengganggu aktivitas harian. Tak mau, kan, semua rencana yang sudah disusun jadi hancur akibat gejala migrain yang suka kambuh? Anda bisa mencegah migrain yang suka kambuh itu dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Berbagai cara mencegah migrain yang sering kambuh :

1. Hindari suara bising dan lampu terang

Suara yang keras dan lampu yang berkedip (misalnya lampu strobo) adalah pemicu migrain yang paling umum. Biasanya suara dan lampu ini sering ditemukan di jalan, berada di bioskop, menghadiri acara yang ramai, terkenal pantulan silau matahari, dan yang paling sering cahaya dan suara dari gadget juga bisa.

Maka itu, untuk mencegah migrain datang lagi, sebaiknya Anda jauhi tempat yang ramai penuh kegaduhan suara dan sorotan lampu. Selain itu, beristirahatlah dari segala layar elektronik, ini sangat penting untuk mengistirahatkan ketegangan mata. Sesuaikan juga tingkat kecerahan layar pada alat digital Anda.

Kurangi pencahayaan yang tidak perlu di dalam ruangan. Bersantailah di kamar yang redup dan suara yang tenang.

2. Perhatikan kebiasaan makan sehari-hari Anda

Pola makan juga bisa memengaruhi munculnya migrain. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat mengatur pola makan. Selalu konsisten dengan waktu makan. Jangan sampai melewati waktu makan yang seharusnya. Sebab melewati waktu makan akan meningkatkan risiko terjadinya migrain.

Selain itu, selalu catat dan ingat makanan pemicu migrain yang terjadi pada diri Anda. Jika Anda mencurigai makanan tertentu memicu Anda migrain, hilangkan makanan tersebut dalam diet, atau makan dalam jumlah sedikit.

Dilansir dalam laman Healthline, beberapa makanan dan minuman ini bisa memicu terjadinya migrain, seperti:

  • Cokelat
  • Daging olahan
  • Pemanis
  • Keju
  • Kopi

Makanan dan minuman dengan kafein biasanya memang jadi pemicu umumnya. Maka itu, batasi jumlah yang Anda konsumsi setiap harinya untuk mencegah migrain.

3. Hati-hati dengan perubahan hormon

Hormon berperan penting memengaruhi terjadinya migrain khususnya bagi para wanita. Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama, atau tepat sebelum periode menstruasi nya terjadi.

Jika memang migrain sering kali muncul saat Anda mulai menstruasi, Anda bisa mengandalkan obat pereda nyeri supaya tidak merasakan sakit kepala tersebut. Gunakan obat seperti ibuprofen atau naproxen untuk mencegah migrain timbul di hari-hari yang berisiko tinggi itu.

4. Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah bagian terpenting untuk gaya hidup sehat. Olahraga yang teratur akan membantu tubuh melepaskan bahan kimia di otak untuk memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Pilihlah olahraga apapun yang Anda sukai yang penting dimulai dengan perlahan.

5. Tidur dengan nyenyak dan teratur

Migrain bisa dipicu akibat tidur malam yang buruk. Maka itu, sangat penting untuk menyediakan waktu tidur yang cukup dan juga berkualitas.

Buat jadwal tidur yang tetap setia harinya, bangun dan tidur pada waktu yang sama, bahkan di akhir pekan sekalipun. Kurangi juga gangguan sebelum tidur seperti menonton tv, membawa materi pekerjaan ke tempat tidur. Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur hingga membuat Anda mengantuk. Selalu jadwalkan tidur Anda di waktu yang sama terus menerus.

6. Kelola stres dengan baik

Migrain tidak terlepas dari stres. Stres memang tidak bisa dihindari, tetapi stres bisa dikelola dengan baik agar tidak jadi pemicu migrain.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *