5 Tips Merawat Kelembaban Rambut Pada Pria

Mungkin untuk para pria kebanyakan, merawat rambut adalah masalah yang identik dengan perempuan. Padahal sebenarnya terbilang penting juga untuk diperhatikan, lho. Rambut yang sehat adalah penunjang dari gaya dan penampilan. Termasuk memiliki rambut lebat, sehat dan terawat. Bahkan nantinya jika rambut yang kamu miliki terbilang lebat, sehat dan terawat, tanpa disadari penampilan kamu secara keseluruhan pun akan makin sempurna.

Berikut tips merawat rambut agar lebat untuk pria:

1. Berikan perhatian saat mencuci rambut

Kamu pasti tahu kalau mencuci rambut secara teratur memang dianjurkan. Tapi bukan berarti harus sesering mungkin. Mencuci rambut setiap hari dapat berpotensi menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga rambut kamu akan cenderung lebih rapuh dan mudah rontok. Hal ini dikarenakan minyak pada kulit kepala yang berfungsi untuk melembapkan rambut, juga berfungsi untuk menjaga rambut agar tampak bervolume dan tebal secara alami. Cucilah rambut setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Perhatikan pola makan dan nutrisi yang seimbang

Salah satu faktor yang menentukan kesehatan rambut adalah protein. Untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu dapat mengkonsumsi telur, ikan salmon, daging, dada ayam dan kedelai. Selain itu, kamu juga dapat mengkombinasikan kacang-kacangan dan biji-bijian dengan nasi, jagung atau gandum untuk memaksimalkan asupan asam amino untuk produksi keratin yang mencukupi. Jangan lupa lemak omega 3 dari minyak ikan untuk membuat rambut tetap lembap. Selain itu, asupan vitamin B7 dan biotin pada keju, yoghurt, telur, sereal, dan ayam juga disarankan

Untuk kamu yang bermasalah dengan rambut tipis dan ingin lebih tebal, sangat direkomendasikan membeli sampo dan kondisioner yang memiliki bahan-bahan alami seperti seperti alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu.

3. Manfaatkan bahan alami untuk rambut

Tahukah kamu kalau ternyata beberapa semprot air garam dapat membantu rambut jadi bergelombang? Hair spray dari air garam dipercaya memang bisa memberikan tekstur gelombang pada rambut secara alami, sehingga rambut akan terlihat lebih penuh dan tebal bervolume. Untuk jenis hair spray yang menggunakan garam sebaiknya gunakanlah jenis garam laut yang diresapi dengan gel lidah buaya. Namun, berhati-hatilah karena rambut juga dapat rontok karena asupan garam berlebih. Garam memiliki efek sebagai pengering, yaitu menyerap air keluar dari sel-sel, termasuk kulit kepala.

4. Pilih sisir yang tepat

Penyesuaian sisir terhadap jenis rambut ternyata cukup berpengaruh untuk menebalkan rambut. Kalau rambut sudah sehat, tebal dan ingin tampak ber-volume maka kamu dapat menggunakan jenis sisir blow atau sisir yang memiliki bulu sikat. Tatalah rambut dengan sisir yang tepat, dimana mampu membuat rambut tampak bervolume. Kamu bisa memilih sisir bergigi lembut dan jarang, atau sisir bulat bergigi lembut. Pastikan juga bila sisir dalam kondisi bersih saat digunakan. Sebab kotoran yang menempel di sisir dapat membuat rambut tebalmu cepat lepek.

5. Pintarlah memilih gaya rambut dan sebisa mungkin hindari bahan kimia berlebih

Jangan pernah sekali-kali meremehkan model rambut. Model rambut yang tepat ternyata bisa membuat rambut tampak tebal dan berkilau. Misalkan saja potongan layer (berlapis) di sepanjang sisa rambut mampu memberikan ilusi tebal. Rambut pria yang memiliki poni pun dapat memberi efek tebal pada rambut. Caranya dengan memberi sedikit layer di bagian bawah poni. Setelah itu, tata menyamping dan menumpuk sedemikian rupa. Agar lebih bervolume, bisa menggunakan mousse. Cukup semprotkan sedikit ke telapak tangan, kemudian oles ke batang rambut yang setengah kering hingga ujung rambut. Kemudian sisir dan tata rambut sesuai gaya yang kamu inginkan. Rambut pun tampil bervolume seketika. Kurangi juga kegiatan mewarnai rambut untuk kamu yang hobi bereksperimen.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *