5 Perbedaan Pria dan Wanita Soal Kesehatan


Tubuh perempuan dan pria memiliki karakter yang berbeda. Alhasil, akan ada perbedaan bagaimana tubuh merasakan sakit, mengalami serangan jantung, dan juga bahkan seberapa banyak kita kentut setiap hari. Namun selama berpuluh tahun, dunia kedokteran tidak menyadari hal tersebut. Ini disebabkan karena sebelumnya banyak penelitian kesehatan dilakukan terhadap pria, atau binatang jenis jantan di laboratorium, dan kemudian penerapannya digunakan terhadap semua jenis kelamin.

Berikut perbedaan pria dan wanita tentang kesehatan :

1. Pria lebih tahan rasa sakit

Sering disebutkan dari contoh proses melahirkan bahwa perempuan lebih mampu menahan rasa sakit. Namun para ahli mengatakan sekarang banyak bukti yang menunjukkan perempuan lebih sensitif terhadap rasa sakit, dan memiliki toleransi lebih rendah dibandingkan pria. Tentu saja tidak berarti semua perempuan akan merasa seperti itu dibandingkan pria. Namun pada umumnya. pria lebih mampu menahan rasa sakit lebih lama dibandingkan perempuan, sebelum mereka memberikan reaksi terhadap rasa sakit tersebut.

2. Perempuan memilki sistem kekebalan yang lebih aktif

Perempuan memiliki sistem kekebalan lebih aktif(Kev Gahan) Para ilmuwan pada umumnya sepakat bahwa perempuan memiliki sistem kekebalan yang lebih aktif dibandingkan pria, memproduksi sel yang lebih besar dan lebih aktif untuk memerangi patogen yang menyerang tubuh kita seperti bakteri dan virus. Tampaknya hormon oestrogen pada perempuan memainkan peran aktif tersebut, sementara hormon testoterone tidak begitu. Ini juga menjadi sebab mengapa perempuan lebih tahan terhadap infeksi dibandingkan pria. Pria memiliki resiko 1,5 kali lebih besar untuk meninggal karena TBC dibandingkan perempuan.

3. Serangan jantung akan berbeda bagi perempuan

Ada perbedaan antara pria dan wanita ketika mengalami serangan jantung (Kev Gahan) Banyak orang yang masih tidak tahu bahwa penyakit jantung koroner – dimana terjadi penggumpalan lemah di saluran arteri ke jantung – adalah penyebab kematian terbesar perempuan di Australia. Ini adalah penyebab utama serangan jantung ketika pasok darah ke otot jantung terganggu. Namun serangan jantung yang menimpa perempuan bisa tampak berbeda dengan serangan jantung terhadap pria. Untuk pria dan wanita, rasa sakit di dada atau adanya perasaan kebas di pundak bagian kiri adalah gejala paling umum dari serangan jantung.

4. Pencernaan pria lebih pendek

Perjalanan makanan lewat pencernaan lebih lambat dalam tubuh perempuan dibandingkan pria(Kev Gahan) Secara umum, perempuan memiliki aktivitas otot yang lebih sedikit di dalam usus mereka, sehingga makanan akan melewati perjalanan lebih panjang di dalam tubuh. Inilah yang diperkirakan menyebabkan perempuan lebih mudah terkena masalah lambung. Itu juga menjadi penjelasan mengapa pria kurang merasa lambungnya penuh dengan gas dibandingkan perempuan Perempuan delapan kali lebih banyak merasa lambungnya penuh dibandingkan pria.

5. Tubuh kita bereaksi berbeda terhadap obat

Reaksi terhadap obat berbeda antara pria dan wanita(Kev Gahan) Ada berbagai alasan mengapa pria dan wanita bereaksi berbeda terhadap obat. Perbedaan terjadi karena besarnya organ, berat badan, kadar lemak, dan pola aliran darah sampai pada jumlah enzim yang memecah obat di dalam ginjal. Semua ini bisa mempengaruhi bagaimana obat dicerna oleh tubuh, seberapa cepat obat akan bekerja, dan sampai berapa lama. Sudah diketahui sebagai contoh bagaimana ginjal dalam tubuh perempuan akan bekerja lebih lambat dibandingkan pada pria, sehingga obat tertentu harus diberikan dalam dosis lebih rendah pada wanita.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *