5 Penyebab Utama Seseorang Terkena Serangan Jantung

Sakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penyakit jantung selalu penyebabnya agar anda dapat mencegah adanya penyakit jantung.

Berikut penyebab sakit jantung :

1. Gaya hidup dan pola makan yang buruk

Hal inilah yang sebenarnya mendasari adanya resiko sakit jantung. Terkadang orang tidak sadar bahwa gaya hidup dan pola makan yang mereka terapkan sangat buruk hingga berdampak pada kesehatan organ tubuh mereka sendiri. Gaya hidup yang salah ialah dengan menerapkan kebiasaan merokok, kurang berolahraga serta mengacuhkan mengkonsumsi air putih. Pasalnya perokok memiliki resiko paling tinggi mengidap penyakit jntung, hal ini diakibatkan oleh zat-zat kimia yang ada dalam rokok akan mengakibatkan darah menggumpal dan menimbulkan jantung untuk bekerja lebih ekstra.

2. Faktor Keturunan Pola Makan

Sebenarnya saya kurang setuju dengan faktor keturunan penyakit jantung berhubungan dengan gen walaupun secara nyata memang terjadi dimana kakek, ayah dan anak mengalami hal yang sama yaitu penyakit jantung namun saya lebih melihat kedalam bahwa faktor keturunan ini lebih banyak disebabkan oleh faktor “Keturunan Pola Makan & Gaya Hidup” seperti pada poin diatas.

3. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan karena beberapa hal, selain karena faktor stress yang juga mempengaruhi dimana metabolisme tidak bekerja maksimla membakar kalori sehingga menjadi timbunan lemak dan kolesterol dalam darah tetapi kebanyakan disebabkan karena makanan yang di konsumsi dan kurang nya kita berolahraga. LDL kolesterol jahat dapat menimbulkan plak pada arteri dimana terjadi pengikatan antara fibrin dan kolesterol serta kalsium yang akhirnya membantuk sumbatan pada dinding – dinding pembuluh darah anda.

4. Darah Tinggi Atau Hipertensi

Jika anda memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi itu artinya mulai sekarang anda harus berhati-hati dan mengontrol tekanan darah anda. Karena orang yang memiliki hipertensi memiliki resiko terkena sakit jantung, hal ini dikarenakan hipertensi mengakibatkan kinerja jantung berkerja lebih keras daripada biasanya. Hipertensi ini umumnya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi garam atau karena sudah keturunan.

5. Mengalami Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Sebenarnya ini juga berbicara masalah kolesterol dan lemak dalam tubuh sebagai pembentuk plak penyumbatan pada penderita penyakit jantung koroner, jagalah berat badan anda, jangan terlalu gemuk. Karena obesitas dapat membuat seseorang mengalami sakit jantung.

Tumpukan lemak yang ada dalam tubuh anda akan memicu terjadinya penyakit mematikan ini. Idealkan berat badan anda apabila saat ini anda sedang dalam keadaan obesitas. Hilangkan lemak-lemak di tubuh anda dengan media olahraga serta pembenahan pola makan dan gaya hidup, batasi mengkonsumsi junk food dan soft drink yang banyak mengandung gula, lemak jenuh dan kolesterol.

🔥12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *