5 Penyebab Utama Dan Pengobatan Pegal-Pegal


Pegal-pegal dan nyeri otot mungkin sering Anda rasakan. Terutama sehabis melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan. Namun jika frekuensi pegal-pegal terjadi terlalu sering, bahkan saat Anda hanya melakukan aktivitas sehari-hari, maka bisa jadi ada sebab lain di balik pegalnya tubuh Anda.

Berikut penyebab pegal-pegal dan nyeri pada otot :

1. Kurang Nutrisi Penting

Agar otot merasa rileks, maka tubuh Anda membutuhkan magnesium, sedangkan untuk bekerja dengan baik, tubuh Anda membutuhkan kalsium. Keduanya harus dimiliki tubuh secara seimbang. Jika tidak, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami kejang dan kontraksi otot.

2. Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat mengakibatkan pegal dan otot kaku. Otot adalah jaringan yang aktif, yaitu jenis jaringan yang membutuhkan paling air dalam tubuh. Air mengandung elektrolit yang membantu memberikan perintah dari sistem saraf Anda kepada otot dan punggung. Kurangnya air tanpa pada otot akan menyebabkan menurunkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan otak dan bisa jadi menyebkan otot-otot Anda tidak bekerja dengan semestinya.

3. Tidak Aktif

Jika tubuh Anda tidak aktif dalam waktu yang lama—misalnya terlalu banyak tidur, duduk dalam waktu yang panjang, dan sebagainya, bisa jadi penyebab kekakuan otot Anda. Maka dari itu, upaya untuk tetap aktif bergerak atau lakukan peregangan secara berkala.

4. Stres

Penyebab lain dari nyeri otot adalah stres. Saat berada dalam keadaan stress, maka tubuh kita akan berada dalam posisi siaga untuk melawan atau lari dari situasi tersebut. Jika stres yang Anda alami berkepanjangan, maka seseorang akan mempertahankan postur tubuh siaga tersebut hingga terjadi ketegangan dan kekakuan pada otot.

5. Olahraga

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga, maka tidak masalah. Namun jika Anda sudah lama tidak ‘bergerak’ lalu memutuskan untuk mulai berolahraga lagi, maka bersiaplah mengalami pegal dan nyeri otot. Pasalnya, saat Anda selama ini tidak berolahraga, otot-otot Anda telah kehilangan masanya. Olahraga kembali akan membuat otot Anda kaget dan berusaha beradaptsi lagi dengan kegiatan baru sehingga terasa pegal—bahkan sakit. Tidak apa-apa, lanjutkan saja latihan Anda, lambat laun otot Anda akan terbiasa. Tapi jangan terlalu dipaksakan ya, bisa-bisa malah tubuh Anda yang cedera.

Pengobatan yang tepat adalah Moment Propolis

Kenapa Moment Propolis?

Karena Saat badan kita terasa lelah,dan otot-otot tubuh terasa pegal dan nyeri. Maka cadangan pasokan oksigen yang digunakan otot tubuh kita saat berkontraksi berkurang, sehingga terbentuk senyawa ASAM LAKTAT yang menumpuk di otot…Senyawa inilah pemicu rasa lelah capek pegal2 di otot tubuh kita.

Maka jalan yang ditempuh untuk mengurangi penumpukan Asam Laktat ialah Istirahat yang cukup, merelaksasikan otot dan tingkatkan kapasitas cadangan oksigen di seluruh sel-sel tubuh kita termasuk di otot kita. Nah disinilah peran kerja Propolis, meningkatkan ikatan Haemoglobin ( Hb ) dengan Oksigen. Sehingga semakin banyak kapasitas oksigen yang di sel maka akan menuruni penumpukan senyawa ASAM LAKTAT di otot tubuh.

Hb ( Haemoglobin ) + O2 —> HbO2

Semakin banyak cadangan oksigen, maka semakin banyak Energi yang terbentuk di otot dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Phospat )

Maka rasa capek lelahpun berkurang.

” Sel-sel tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi untuk kelangsungan hidupnya.”

Sel yang sehat ialah sel yang kaya akan oksigen dimana digunakan sel khususnya otot kita untuk berkontraksi menghasilkan energi. Energi yang terbentuk ( ATP ) maka Asam Laktat berkurang sehingga RAsa lelah Capek pegal di tubuhpun hilang.

( Sumber dr.Anggia Mulia )

Untuk Info Lebih Lanjut Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *