5 Penyebab Komedo Muncul Di Hidung Dan Wajah

Komedo merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang ada pada permukaan kulit. Kamu juga perlu tahu bawa ia juga termasuk dalam jenis jerawat yang ringan.

Tidak hanya di wajah, ia juga bisa muncul di beberapa anggota tubuhmu yang lain. Bisa muncul di leher, dada, bahu, punggung, dan bahkan lenganmu.

Papula ini terjadi karena adanya sel kulit mati dan minyak yang terkumpul di ujung luar folikel rambut. Kemudian warnanya akan terlihat hitam dikarenakan kulit yang ada di atas komedo itu terbuka dan terpapar udara.

Penyebab Komedo Muncul Di Hidung Dan Wajah :

1. Produksi minyak berlebih

Akibat kulit wajah yang terlalu berminyak dapat memicu timbulnya komedo pada hidung dan area wajah lain. Saat wajah terasa lengket akibat minyak yang berlebihan, maka kotoran akan semakin mudah menempel. Akibatnya wajah jadi kotor dan pori-pori mudah tersumbat yang akhirnya menyebabkan komedo dan jerawat.

2. Penggunaan make up

Akibat penggunaan make up yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan komedo. Penyebab komedo putih di hidung ini seringkali tidak diperhatikan, padahal menggunakan make up yang berlebihan dapat mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas. Gunakanlah make up sewajarnya saja, selain itu mak eup juga harus dibersihkan dengan benar pada malam hari sebelum tidur. Jangan sampai sisa make up menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya menjadi penyebab komedo yang terdapat pada hidung. Bersihkan lah wajah menggunakan bahan alami agar kulit wajah lebih segar dan terbebas dari komedo.

3. Gaya hidup yang buruk

Perilaku gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan komedo. Masalah kulit seperti jerawat akan sangat mudah muncul ketika Anda menerapkan pola hidup yang buruk dalam sehari-hari. Gaya hidup yang buruk tersebut antara lain merokok, konsumsi minuman alkohol dan sering begadang.

4. Stres

Anda yang mengalami masalah berat hingga stres juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Stres secara signifikan merusak keindahan kulit termasuk menyebabkan munculnya komedo putih pada hidung. Untuk mengurangi tingkat stres, cobalah untuk refreshing dan perbanyak olahraga.

5. Makanan

Selain hal di atas, komedo putih juga bisa disebabkan karena faktor makanan. Makanan yang tidak sehat terutama junk food dan makanan berlemak turut mengganggu kecantikan kulit. Selain menyebabkan komedo, makanan tersebut juga memicu jerawat hingga jerawat batu.

Semoga Bermanfaat

🔥16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *