5 Panduan Olahraga Supaya Cepat Hamil

Apakah saat ini bunda sudah rutin berolahraga dan menjaga kebugaran? Atau bunda justru malas olahraga? Nah, bunda perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup kalau mau cepat hamil.

Ikuti langkah-langkah aman berolahraga saat mencoba hamil berikut ini :

1. Mulai rutin berolahraga dari sekarang

Jangan menunggu sampai bunda hamil untuk mulai rutin berolahraga. Mulailah dari sekarang, saat bunda mengusahakan kehamilan. Kalau sudah dibiasakan dari sekarang, ke depannya berolahraga saat hamil akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Kalau rutin berolahraga bisa mempercepat peluang bunda untuk hamil. Beberapa jenis olahraga yang bisa bunda pilih antara lain jalan kaki, lari, berenang, yoga, dan naik sepeda.

2. Melakukan Core Training

Core training adalah latihan fisik yang memfokuskan kekuatan otot inti di perut, punggung, serta pangkal paha. Latihan ini akan membantu bunda menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang stabil. Kedua hal ini sangat penting karena nanti saat hamil payudara dan perut wanita akan membesar.

Core training bisa mencegah nyeri punggung, mengurangi risiko jatuh, dan menguatkan otot inti yang menahan beban tubuh saat bunda mengandung nantinya.

3. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga dengan intensitas dan kadar yang wajar bisa meningkatkan peluang kehamilan. Namun, olahraga berlebihan justru membuat bunda makin sulit hamil. Olahraga berlebihan tentu akan menguras tenaga sehingga tubuh jadi terlalu stres.

Olahraga berlebihan lima jam seminggu (atau bahkan lebih) bisa menekan peluang kehamilan hingga sebesar 42 persen. Maka itu, sebaiknya olahraga dengan batas normal saja.

4. Latihan kardio

Latihan kardio seperti jalan cepat,berenang, atau jogging terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal selama bunda mengusahakan kehamilan. Selain itu, latihan kardio juga baik untuk kesehatan jantung bunda, terutama saat bunda sudah hamil nanti.

Usahakan untuk melakukan latihan kardio selama setengah jam tiap hari. Agar tidak cepat bosan, selingi jenis olahraga yang berbeda setiap harinya. Misalnya hari ini bunda jogging,besok bunda bisa berenang.

5.Olahraga bersama pasangan

Bukan cuma bunda saja, calon ayah juga harus rutin berolahraga untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil. Karena itu, sebaiknya bunda dan suami berolahraga bersama setiap hari.

Di samping menjaga kebugaran, beraktivitas fisik bersama bisa lebih mendekatkan bunda dan suami karena tumbuhnya rasa saling mendukung.

Semoga bermanfaat bunda

🔥37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *