5 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Minyak ikan sering kali menjadi salah satu bahan utama suplemen, baik dalam bentuk kapsul, pil, maupun cairan, dan dipercaya mampu membantu mengatasi beragam jenis penyakit. Apa sebenarnya kandungan dan khasiat bahan makanan pendukung kesehatan ini?

Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Minyak ikan menjadi spesial karena mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, tapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh.

Manfaat minyak ikan bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis menunjukkan bahwa omega 3 efektif mengurangi kejadian penyakit kardiovaskular (CVD). Minyak ikan merupakan sumber omega 3, dengan demikian dikaitkan dengan pengurangan resiko penyakit jantung. Hal lain yang juga berhubungan adalah menurunkan tingkat kolesterol jahat ( LDL ), dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Minyak ikan juga mencegah mengumpulnya trigliserida dan mengurangi trigliserida yang berlebih. Dengan demikian, minyak ikan efektif mencegah stroke dan penggunaan rutin bisa membantu menghindari serangan jantung mendadak. Temuan-temuan awal ini masih perlu untuk dikonfirmasi oleh penelitian lebih lanjut.

2. Berat Badan

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektivitas latihan/olahraga dalam upaya untuk mengurangi berat badan. Relawan yang diberikan minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Peningkatan Imunitas

Omega-3 asam lemak dalam minyak ikan bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh kita. Penelitian yang dilakukan pada tikus di Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan, memberikan hasil yang positif akan manfaat ini. Dengan demikian tubuh tak mudah terkena virus yang biasa menyerang dikala pertahanan tubuh lemah. Pada dasarnya minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Minyak ikan juga bermanfaat bagi penderita lupus, yaitu penyakit autoimun yang ditandai oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sendiri.

4. Sifat anti inflamasi

Minyak ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi rutin suplemen minyak ikan atau kapsul bisa sangat membantu bagi yang menderita penyakit peradangan kronis. Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif. Dalam hal colitis, minyak ikan akan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.

5. Radang sendi

Hal ini terkait dengan sifat anti inflamasi, sehingga minyak ikan juga bisa membantu pengobatan arthritis, rematik, gejala Raynaud dan kondisi serupa lainnya. Menggunakan minyak ikan bisa membantu mengurangi kebutuhan dosis besar NSAID (obat anti inflamasi nonsteroid). The Royal Adelaide Hospital dan University of Newcastle, di Australia melaporkan bahwa penggunaan minyak ikan telah menunjukkan efek positif pada pengobatan arthritis. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi dampak dari enzim yang merusak tulang rawan.

Semoga bermanfaat bunda ^_^

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *