5 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Manfaat buah plum jarang diketahui oleh banyak orang, bahkan nama plum saja orang masih banyak yang asing. Hal itu dikarenakan tidak semua orang bisa menjumpai plum dan dapat merasakan buah plum. Harganya yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadi alasan bahwa buah ini termasuk buah dengan kelas menengah ke atas.

Karena buah plum dipercaya sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Tahukah Anda kalau plum juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Buah plum ada yang berwarna merah atau ungu. Buah yang dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau yang dikeringkan, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Vitamin (vit.C, berbagai jenis vit. B, vit. K), mineral (kalsium, zat besi, magnesium, fluoride), phenols, dan antioksidan (beta-carotene, vit. A, E, lutein) adalah beberapa contoh kandungan yang jumlahnya tinggi pada buah plum dan olahannya.

Dari beberapa kandungan di atas, Anda pasti sudah bisa membayangkan berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsinya. Berikut manfaat sehat buah plum untuk tubuh kita :

  • Mencegah kanker

Plum berukuran sedang mengandung 113 mg kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Pigmen kemerahan yang terdapat pada plum, disebut anthocyanin, dapat melindungi tubuh dari kanker dengan melawan radikal bebas.

  • Menurunkan gula darah

Ternyata, plum juga bisa menurunkan kadar gula darah di tubuh. Hal tersebut disampaikan oleh seorang ahli gizi dari Kanada. Plum memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti buah ini dapat membantu mengendalikan gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  • Memperlancar pencernaan

Plum adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Mengandung sorbitol dan isatin, buah ini dapat membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut penelitian, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit.

  • Kesehatan otak

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam plum dapat mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Fitonutrien yang terkandung dalam buah plum juga dapat mengurangi peradangan di daerah neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori.

  • Menyehatkan jantung

Rutin mengonsumsi plum bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa plum kering bisa membantu memperlancar aliran darah di arteri. Hal itu bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Inilah lima khasiat sehat plum yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

🔥10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *