5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Garam adalah salah bahan dapur yang paling menjadi kunci rasa makanan. Manfaat garam ternyata sebatas pada masakan, tapi juga sebagai penyembuh luka. Secara tradisional, garam bahkan berguna untuk kecantikan.

Salah satu alasannya adalah karena air garam mengandung mineral, seperti kalsium, potasium, silikon, sodium, dan lainnya.

Bagaimana cara penggunaannya?

1. Mengatasi Jerawat

Air garam mampu membantu kita mengatasi jerawat secara efektif dan cepat. Jika kamu tinggal dekat dengan laut, maka kamu beruntung karena bisa menggunakan air laut.

Namun, jika tidak, kamu bisa menyiapkan sendiri alternatifnya. Caranya, campurkan segelas air dan satu sendok makan garam laut hingga garam larut dalam air.

Celupkan bola kapas ke dalamnya dan aplikasikan pada area berjerawat. Biarkan kering kemudian bilas menggunakan air biasa.

Kamu bisa melakukan rutinitas perawatan ini sedikitnya sekali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Mengobati Luka

Air garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang bisa membuat proses penyembuhan luka lebih cepat dan mudah.

Mandi air garam membantu membunuh bakteri dan hal itu mencegah iritasi kulit. Air garam juga mampu meningkatkan tingkat hidrasi kulit sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat.

Tambahkan segelas air garam ke dalam bathub yang diisi air hangat. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menambahkan beberapa tetes essential oil lavender atau wangi lainnya.

3. Pencuci Mulut

Bau mulut disebabkan oleh berkembangnya bakteri. Air garam bisa membantu membersihkan bakteri di mulut dan mencegah bau.

Di samping itu, air garam juga ampuh untuk meredakan sakit atau iritasi di dalam rongga mulut.

Caranya sederhana. Cukup tambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Campurkan hingga garam larut kemudian gunakan berkumur dengan air tersebut selama beberapa detik.

Ulangi sesuai yang dibutuhkan. Jika ingin menambahkan rasa. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes peppermint oil.

4. Eksfoliator

Tekstur kasar garam membuatnya cocok digunakan sebagai bahan eksfoliasi, bahkan menjadi salah satu bahan terbaik.

Garam mampu membersihkan pori-pori wajah secara mendalam dengan menghilangkan sel kulit mati.
Selain itu, garam juga meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan warna kulit.

Caranya, campurkan garam laut dengan air untuk membuat pasta yang tak terlalu cair. Secara perlahan dan lembut, aplikasikan ke seluruh wajah dan gunakan seperti menggunakan scrub wajah.

Pijat lembut dengan gerakan memutar kemudian bilas dengan air biasa. Setelah itu segera gunakan toner yang bisa melembabkan kulit.

Tak hanya untuk wajah, pasta dari garam ini juga bisa digunakan untuk tubuh. Terakhir, aplikasikan pelembap untuk mencegah kekeringan kulit.

5. Rambut Keriting Ala Pantai

Mandi di laut akan membuat rambut kita keriting sempurna dan tak bisa kita dapatkan dari alat pengeriting lain. Hal ini disebabkan kandungan Magnesium Sulfate di dalamnya.

Magnesium Sulfate biasa disebut garam epsom bisa digunakan di rumah untuk mencuci rambut sesekali.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *