5 Langkah Perawatan Kulit Di Malam Hari

Sebagian besar orang tampaknya sudah mengetahui bahwa beranjak tidur tanpa mencuci muka itu tidak baik untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, belum jelas betul langkah apa saja yang harus dilakukan ketika menjalani rutinitas perawatan kulit di malam hari.

Tujuan utama perawatan malam hari adalah memperbaiki kerusakan kulit akibat polusi seharian, paparan sinar matahari, stres, dan juga untuk melembapkan kulit. Kulit kehilangan lebih banyak air saat sedang tertidur. Agar lebih memahami bagaimana rutinitas perawatan kulit di malam hari yang sempurna.

Berikut lima langkah Perawatan kecantikan di malam hari:

1. Mulai dengan membersihkan wajah untuk memastikan semua kosmetika dan riasan sepanjang hari terhapus dengan sempurna

Day mengatakan bahwa sebagian besar orang tidak membersihkan wajah mereka dengan benar. Ia merekomendasi penggunaan sikat pembersih (cleansing brush) dan pembersih wajah (face cleanser) yang lembut menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk melunturkan semua kotoran dan minyak.

Walau demikian, Day mengatakan tidak boleh berlebihan dalam menggunakan cleansing brush. Jika ada perubahan dalam kulit, kurangi pemakaian atau hentikan segera.

2. Pakai masker wajah yang menyejukkan untuk membantu produk perawatan wajah agar menyerap dengan lebih efisien

Ada berbagai macam masker wajah yang menawarkan beragam kebutuhan, mulai dari membersihkan pori tersumbat hingga menyamarkan garis halus. Menurut Tzu, penggunaan masker wajah tidak begitu dibutuhkan selama Anda menggunakan rangkaian produk yang konsisten.

Meski demikian, masker wajah bermanfaat untuk membuka pori-pori sehingga bahan-bahan aktif dari produk perawatan wajah dapat berpenetrasi dan mudah diserap oleh kulit.

Selain itu, masker juga dapat memberikan efek relaksasi. “Beberapa masker juga mengandung aromaterapi sehingga dengan memakainya saja dapat memberi perasaan yang menenangkan,” kata Day.

3. Pakai krim yang mengandung retinoid untuk mengurangi pori tersumbat dan mempercepat pembentukan kolagen serta memberi efek anti-penuaan

Setelah wajah dibersihkan dengan sempurna, Tzu menyarankan pasien-pasiennya untuk menepuk-nepuk halus hingga kering. Kemudian, pakai retinoid dalam jumlah kecil di seluruh wajah secara merata.
Hindari area sekitar mata, ujung-ujung mulut, dan lipatan hidung. Krim yang mengandung retinoid bekerja untuk mencerahkan dan memulihkan kulit.

“Meski demikian, retinoid, terutama dengan resep yang kuat, seringkali membuat kulit kering. Sehingga pemakaiannya harus diiringi dengan penggunaan pelembap yang banyak,” kata Tzu.

4. Kenakan lebih banyak pelembap di seluruh wajah dan leher

Perbedaan paling mendasar dari pelembap pada siang dan malam hari ada pada tekstur dan kandungannya. Pada siang hari, pelembap memiliki tekstur lebih halus dan seringkali mengandung tabir surya.

Sedangkan, pada malam hari, pelembap mungkin tidak nyaman dirasakan atau dipandang mata namun pelembap malam membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Gunakan pelembap berlapis-lapis saat malam hari.

Ketika mencari pelembap wajah malam, Day menyarankan kandungan antioksidan, peptida, serta vitamin A dan C untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit di siang hari.

5. Oleskan krim mata secara lembut setelah Anda menggunakan krim malam

Memasukkan krim mata ke dalam rutinitas perawatan kecantikan malam Anda adalah salah satu cara sederhana untuk menjaga penampilan awet muda. Untuk menjaga dan melembapkan kulit mata yang sensitif.

Krim mata diformulasi dengan kafein yang berfungsi mengurangi kantong mata. Ia juga mengandung niacinamide yang meningkatkan tingkat kelembapan sehingga menjaga kulit dari kekeringan dan mengurangi kerutan.

Akan tetapi, yang terpenting dari semua ritual malam adalah Anda harus benar-benar tidur!

“Jika tubuh tidak beristirahat, produk perawatan kulit malam hari sia-sia saja,” ujar Tzu.

🔥3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *