5 Keuntungan Memiliki Kulit Wajah Berminyak

Punya wajah berminyak sering kali dianggap sebagai salah satu biang masalah kulit yang paling sering dialami oleh remaja aktif. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, pasti kamu sering mencari cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah baik di majalah ataupun internet demi mendapatkan wajah bersih dan cerah.

Sebetulnya, memiliki wajah berminyak itu tidak masalah selama kamu rajin menjaga kebersihan dan kadarnya supaya tidak rentan berjerawat. Percaya atau tidak, memiliki wajah berminyak ada keuntungannya juga lho, Girls.

Berikut Keuntungan Memiliki Kulit Berminyak :

1. Pencerah alami.

Apabila kamu termasuk remaja dengan wajah berminyak, kamu bisa sedikit berbangga diri karena kulitmu cenderung terlihat lebih cerah. Minyak yang diproduksi oleh kulit wajah membuat mukamu terlihat lebih berseri secara alami. Kabar baiknya, kamu nggak perlu repot-repot menggunakan beragam jenis masker wajah untuk membuatnya terlihat lebih glowy seperti orang Korea.

2. Pelindung dari paparan sinar matahari.

Sebetulnya, penggunaan tabir surya atau sunblock sebelum beraktivitas di luar, sangat disarankan untuk mencegah adanya gangguan kulit akibat paparan sinar UV. Nah, beruntunglah kamu pemilik wajah berminyak! Sebum yang dihasilkan oleh kulit, dapat membantu melindungi tubuh yang berfungsi seperti SPF. Namun, bukan berarti kamu boleh melupakan tabir surya ya, Girls. Kamu tetap harus mengoleskan sunblock sekitar 15-30 menit ke tubuh sebelum keluar rumah dengan tingkat SPF setidaknya 15.

3. Antioksidan alami.

Tahukah kamu? Ternyata, sebum mengandung vitamin E atau antioksidan untuk melindungi kulitmu dari radikal bebas akibat polusi udara. Nah, supaya tubuhmu bisa memproduksi antioksidan dengan lebih maksimal, kamu perlu menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang sebagai salah satu cara merawat kulit wajah. Kamu bisa mulai dengan hal kecil seperti rutin mengonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan semacam alpukat, anggur, brokoli, bayam, atau kacang-kacangan.

4. Melembapkan secara alami.

Girls, sebaiknya jangan hanya fokus mencari cara mengurangi produksi minyak berlebih. Sebelum langsung berkesimpulan bahwa minyak pada wajah adalah musuh, kamu juga perlu tahu bahwa minyak itu memiliki fungsi sendiri. Menurut artikel yang pernah ditulis oleh Alan M. W. Porter, M.D., Ph.D. pada Journal of the Royal Society of Medicine, produksi minyak pada wajah ternyata dapat melembapkan kulit secara alami melalui penguapan keringat dan membuat kulit tak kering. Jadi, jangan terlalu cepat membenci wajah berminyakmu, ya.

5. Memperlambat penuaan dini.

Percaya atau tidak, ternyata kulit wajah yang berminyak dapat mencegah proses penuaan dini, lho. Hal ini dikarenakan sebum dapat mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan kerut, garis halus, serta jerawat sehingga kulit tampak kencang dan muda. Meskipun kamu sering merasa hal ini mengganggu dan membuatmu mencari cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah, kamu tetap harus bersyukur dengan kondisimu ini, ya.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *