5 Jenis Makanan Untuk Kekebalan Tubuh Si Kecil

Aktivitas si Kecil sangat ditunjang oleh sistem kekebalan tubuhnya. Tanpa sistem kekebalan yang bekerja secara baik, si Kecil akan lebih rentan terkena penyakit. Yuk, Mum, simak penjelasan lebih jauh tentang sistem imun agar Mum tahu apa yang harus dilakukan demi menjaga sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Beikut 5 jenis makanan untuk kekebalan tubuh si kecil

1. Yogurt.

Makanan olahan susu dengan rasa yang segar ini mengandung bakteri ‘baik’ yang dikenal dengan sebutan probiotik. Mengkonsumsi yogurt secara teratur terbukti dapat meningkatkan efektifitas pencernaan dan membantu memerangi bakteri ‘jahat’ dalam sistem pencernaan. Hasil penelitian menunjukan anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi minuman ini terbukti lebih tahan terhadap serangan penyakit flu, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan.

2. Kefir.

Menurut situs Wikipedia, kefir adalah minuman susu fermentasi sejenis yogurt tapi berbentuk lebih cair. Biasanya kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi menggunakan beberapa jenis bakteri dari kelompok Lactobacillus. Seperti halnya yogurt, kandungan bakteri ‘baik’ dalam kefir mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari beragam serangan bakteri ‘jahat’.

3. Walnut.

Kacang walnut diketahui kaya dengan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Para peneliti percaya bahwa kandungan Omega-3 dalam walnut mampu meningkatkan imunitas si kecil terhadap serangan penyakit. Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa, konsumsi walnut dapat menurunkan resiko terkena penyakit infeksi saluran pernafasan pada anak-anak.

4. Buah dan sayuran.

Kandungan zat fitonutrien dalam sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat menangkal sumber penyakit termasuk radikal bebas pada si kecil. Pakar kesehatan anak merekomendasikan si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam beberapa jenis buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan kentang manis mampu mengurangi resiko terkena penyakit flu pada anak-anak.

5. Daging rendah lemak.

Selain bagus untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging sapi, ikan, dan ayam tanpa lemak juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Daging-saging sehat tersebut banyak mengandung unsur zinc (seng) yang dibutuhkan sel darah putih untuk memerangi sumber penyakit dari luar.

Semoga bermanfaat ^_^

🔥4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *