5 Gejala Awal Flu yang Tidak Boleh Disepelekan

Hampir setiap orang di dunia ini pernah sakit flu setidaknya sekali seumur hidup. Flu adalah infeksi pernapasan yang diakibatkan oleh infeksi virus influenza. Namun biasanya sebelum benar-benar jatuh sakit, Anda akan lebih dulu mengalami beragam gejala flu. Nah, mendeteksi gejala flu sejak dini bisa membantu Anda lebih cepat sembuh.

Tanda dan gejala flu yang paling sering muncul

1). Demam

Demam adalah tanda sistem imun tubuh sedang bekerja memerangi infeksi virus. Dalam beberapa kasus, gejala flu bisa mengakibatkan demam tinggi hingga mencapai 38º Celsius atau lebih. Meski begitu, tidak semua orang akan otomatis demam saat flu.

2). Batuk

Jangan sepelekan batuk yang kunjung berhenti. Batuk bisa menandakan serangan penyakit atau tanda adanya infeksi virus.

Batuk gejala flu biasanya disertai dengan mengi (napas berbunyi ngik-ngik) dan dada sesak. Anda juga mungkin akan mengalami batuk berdahak, meski tidak selalu.

3). Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah satu gejala awal flu, karena batuk terus-terusan akan membuat tenggorokan teriritasi dan terasa gatal.

Selain itu, sakit tenggorokan juga akan membuat Anda susah menelan saat makan dan minum. Sakit tenggorokan cenderung bertambah parah seiring dengan semakin parahnya flu Anda.

4). Badan menggigil

Umumnya saat sedang demam tinggi, Anda juga akan merasa sangat kedinginan hingga mengigil. Badan menggigil sebenarnya adalah cara tubuh untuk mendinginkan demamnya.

Kadang, demam dan panas dingin juga ikut disertai oleh nyeri otot serta ngilu di sekujur tubuh.

5). Kelelahan

Badan terasa sangat lelah padahal sedang tidak melakukan apa pun? Atau, Anda memang belakangan ini sedang kecapekan, tapi, kok, jadi bertambah parah?

Tanpa disadari, badan yang lemas dan cepat lelah juga bisa jadi pertanda gejala flu sedang menyerang. Gejala satu ini bahkan biasanya muncul paling pertama sebelum gejala-gejala di atas mulai menggerogoti tubuh. Begitu gejala flu lainnya mulai bertambah parah, kelelahan pun akan semakin terasa memayahkan.

Maka jika Anda merasa kelelahan tanpa sebab, sebaiknya cepat-cepat istirahat. Perbanyak tidur untuk membantu sistem imun melawan virus flu.

6). Sakit kepala

Ketika gejala flu sudah mulai parah, keluhan yang paling terakhir muncul biasanya adalah sakit kepala. Terutama jika flu Anda sampai membuat demam.

Lagi-lagi, kunci utamanya adalah dengan memperbanyak istirahat. Hindari melakukan kegiatan fisik yang sangat membuang energi, dan gunakan waktu luang untuk tidur.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *