5 Efek Samping Tidak Suka Makan Sayur Dan Buah

Adakah di antara kamu yang tidak suka makan sayur dan buah? Padahal sayur dan buah itu penting lo untuk tubuh kita. Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin, mineral, dan serat. Semua itu bisa kita dapatkan dari sayur dan buah. Tapi kadang kita tidak makan buah apalagi sayur. Alasannya bisa bermacam-macam, seperti tidak suka atau rasanya tidak enak. Kita pasti lebih suka makan daging karena rasanya lebih enak.

Berikut ini 5 akibat buruk kalau kita tidak makan sayur dan buah:

1. Kamu jadi cepat sakit

Kalau kamu tidak makan sayur dan buah, kamu bisa jadi cepat sakit. Sebabnya, tubuhmu kekurangan vitamin B kompleks, C, E, zinc, zat besi, magnesium, dan potasium. Hal ini membuat daya tahan tubuhmu menjadi lemah dan kamu jadi sering sakit. Contohnya saja seperti flu. Flu disebabkan tubuhmu kekurangan vitamin C, zinc, dan betakaroten.

2. Kamu bisa sembelit

Akibat lainnya dari kekurangan sayur dan buah adalah gangguan pencernaan. Salah satunya adalah sembelit. Sembelit adalah sulit buang air besar karena kekurangan serat. Feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Kalau kamu mengalami hal ini, kamu harus memperbanyak makan buah. Contohnya seperti pepaya, nanas, dan lain-lain.

3. Tulangmu menjadi rapuh

Kekurangan sayur dan buah juga bisa membuat tulangmu menjadi rapuh atau disebut juga osteoporosis. Hal ini disebabkan kurangnya vitamin D dan kalsium dalam tubuh. Kalau mau tulangmu tetap kuat, kamu harus banyak makan brokoli, jeruk, apel, tomat, juga buah dan sayur lainnya.

4. Mata jadi terganggu

Mata juga bisa jadi terganggu lo karena kekurangan buah dan sayur. Mata membutuhkan vitamin A. Kalau kurang, mata bisa mengalami rabun senja atau mata minus, katarak, dan ganggungan mata lainnya. Agar tidak mengalami gangguan mata jangan lupa makan wortel ya!

5. Sariawan dan gusi berdarah

Selain mata, mulut juga terganggu lo karena kekurangan buah dan sayur. Gangguan yang sering dialami adalah sariawan dan gusi berdarah. Keduanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, kalsium, dan magnesium. Untuk menghindari sariawan dan gusi berdarah, kamu harus banyak makan jeruk, melon, apel, pir, bayam, dan buah serta sayur lainnya yang mengandung ketiga zat di atas.

Wah, banyak juga ya gangguan yang bisa saja kamu alami kalau tidak makan sayur dan buah. Jadi, selalu ingat untuk makan sayur dan buah setiap hari ya! Tubuhmu pasti akan menjadi sehat dan jarang sakit.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *