5 Cara Membantu Memperbaiki Kualitas Pendengaran

Telinga merupakan salah satu panca indera yang harus dijaga kesehatannya. Semakin tua umur Anda, kemampuan telinga untuk mendengar bisa semakin menurun. Sama seperti mata yang bisa mengalami penurunan kemampuan melihatnya saat Anda semakin tua. Untuk itu, Anda disarankan untuk menjaga kesehatan telinga Anda mulai dari sekarang, sedini mungkin.

Berikut Cara-cara Untuk Menjaga Kesehatan Telinga

1. Hindari lingkungan yang bising

Seperti tempat karaoke dan lainnya. Karena sering mendengar suara yang bising bisa membuat anda menjadi tuli, jika Anda berkerja di tempat yang bising maka gunakanlah perangkat pelindung telinga.

2. Perbanyak Seng dan asam folat

Makanan yang mengandung seng dan asam folat tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, namun juga baik untuk menjaga kesehatan telinga. Kurangi konsumsi gula, kafein, rokok, garam dan pemanis buatan.

3. Bersihkanlah telinga secara teratur

Membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud, jangan terlalu kuat mendorong cutton bud kedalam telinga ketika sedang membersihkannya. Karena Membersihkan telinga dengan mendorong atau memasukkan cutton terlalu dalam kedalam bagian telinga bukannya akan mengeluarkan kotoran, tetapi justru akan mendorong kotoran masuk lebih jauh kedalam telinga. Hindari alat-alat yang dapat mendorong kotoran telinga masuk ke liang telinga, karena dapat menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran.

4. Hindari mengobati sendiri

Jangan sekali-kali mengobati sendiri jika telinga terasa sakit atau bergending, lebih baik berkonsultasi dengan dokter THT yang akan memeriksa kesehatan telinga Anda. Apa pun yang terjadi pada telinga Anda dokter akan memberikan saran tentang menjaga kesehatan teinga.

5. Jangan terlalu sering menggunakan earphone

Tidak bagus bagi kesehatan telinga kalau selalu mendengarkan lagu-lagu kesukaan dengan suara besar atau kecil dengan menggunakan earphone, ini juga bisa membuat kesehatan telinga anda berkurang dari batas normal pendengaran. Sebaiknya Anda mendengar lagu-lagu kesukaan Anda tanpa menggunakan earphone, Ini akan lebih baik apalagi orang lain disekitar Anda bisa mendengar dan menikmati lagu bersama Anda.

Untuk mengurus telinga tidaklah sulit, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *