5 Alasan Anak Dikenalkan Pendidikan Seks Sejak Dini

Sex education atau pendidikan seks adalah informasi mengenai persoalan seksualitas manusia yang jelas dan benar. Informasi itu meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan, sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual, dan aspek kesehatan, kejiwaan dan kemasyarakatan.

Pendidikan usia dini sangat penting bagi anak agar saat mereka beranjak dewasa natinya akan lebih paham tentang seks yang belum boleh mereka lakukan sampai mereka menikah. Namun, kebanyakan orangtua menganggap bahwa soal seks itu adalah hal tabu yang tidak boleh dibicarakan terhadap anak.

Simak 5 alasan mengapa pendidikan seks itu penting!

1. Mengenalkan bahaya seks bebas

Pendidikan seks sejak dini pada kaum remaja sekaligus memperkenalkan kepada masalah akan bahayanya seks bebas. Psst, kita sebagai kaum remaja juga dapat terlindungi dengan informasi yang tepat tentang seks, lho.

2. Meluruskan pemahaman

Kekurangan informasi yang benar akan masalah seks akan memperbesar kemungkinan kita salah paham dan mendapat informasi yang kurang tepat dari media massa atau teman sebaya. Akibatnya, perilaku berbahaya untuk kesehatan pun menjadi salah satu resiko akibat kurangnya informasi yang tepat. Informasi yang kurang tepat seperti berhubungan seksual merupakan bukti kasih sayang atau apabil informasi bahwa berhubungan seksual merupakan salah satu pembuktian kasih sayang dan apabila berhubungan seksual cuma sekali saja tidak akan menyebabkan kehamilan atau bahwa penyakit AIDS sudah ada obat penyembuhnya.

3. Mengurangi ketakutan dan kecemasan

Adanya perkembangan dan penyesuaian seksual di usia remaja memunculkan adanya ketakutan dan kecemasan. Melalui pendidikan seks sejak dini, kita pun pelan-pelan belajar mengemban peran, tuntutan dan tanggung jawab baru sebagai pribadi yang beranjak dewasa.

4. Menanamkan dasar yang penting

Menanamkan pendidikan seks sejak dini sekaligus memberikan pengertian dan dasar rasional yang penting bagi kita dan akan berguna saat membuat keputusan yang berhubungan dengan perilaku seksual.

5. Menjaga diri dari eksploitasi seksual

Pengetahuan tentang kesalahan dan penyimpangan seksual nggak hanya berguna bagi kita untuk menjaga diri dari eksploitasi seksual, namun juga membuat kita tak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *