4 Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga

Apakah Anda adalah seorang wanita karir? Menjadi wanita karir dan telah memiliki keluarga di rumah tentu menjadi aktivitas yang cukup melelahkan dan menguras tenaga. Apalagi, jika ditambah harus menyelesaikan pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan pembantu atau suami.

Saya pastikan, hal ini pasti akan sangat melelahkan. Karena karir, rupanya tidak sedikit wanita yang telah melupakan keluarganya. Atau, jika ingin mengurus keluarga seutuhnya, seorang wanita harus rela meninggalkan pekerjaan. Mmmm, kalau sudah begini repot ya.

Sebenarnya Anda tak perlu galau jika ingin tetap berkarir dan mengurus keluarga dalam waktu bersamaan. Setiap wanita, pada dasarnya tetap bisa menyeimbangkan karir dan keluarga. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan jika ingin kedua hal penting di hidup kamu tetap menjadi prioritas utama yang sama-sama penting dan harus terus dilanjutkan.

Berikut cara agar karir tetap berjalan baik dan keluarga makin berkualitas :

1. Fokus Kepada Dua-Duanya (Baik Karir dan Keluarga)

Usahakan untuk fokus memikirkan keduanya yaitu karir dan keluarga. Saat Anda bisa fokus pada dua hal ini, Anda tak akan pernah mengalami kesulitan dalam menjalankan keduanya. Jalani kehidupan karir dan keluarga dengan tenang dan nyaman. Yakinkan diri bahwa Anda bisa melakukan keduanya dengan sangat baik. Jika mengalami kesulitan untuk menjalani keduanya, tanyakan pada diri Anda apa yang membuat merasa sulit. Jika sudah menemukan jawabannya, segera selesaikan dan pilihlah jalan terbaik.

2. Meski Sibuk Berkarir, Tetap Miliki Waktu Khusus Untuk Keluarga (Terutama Anak)

Meskipun sangat sibuk di kantor atau tempat kerja. Usahakan untuk tetap memiliki waktu khusus untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga khususnya anak. Dari laman parents.com, Sharon Tepper, pimpinan dari Brownstone Nanies, Inc, mengungkapkan jika seorang ibu harus tetap meluangkan waktu untuk merawat dan dekat dengan anak agar jarak antara ibu dan anak tak merenggang. Semakin berkualitas waktu yang dimiliki orang tau dan anak saat bersama, bisa dipastikan hubungan keduanya akan semakin berkualitas pula. Sadar atau tidak, jika keluarga mampu membuat Anda bahagia, pekerjaan juga akan membuat Anda bahagia dan berjalan mulus.

3. Buat Pagi Anda Tetap Menyenangkan Dan Santai

Agar karir dan pekerjaan tetap seimbang, buatlah pagi hari tetap menyenangkan dan santai. Dan agar pagi santai, Anda harus bangun lebih awal. Buat sarapan untuk anak-anak dengan perasaan bahagia. Bila perlu, ajarkan mereka untuk bangun pagi selalu dan ajarkan beberapa hal positif untuk mereka. Ajak pula suami mempersiapkan segalanya dengan baik di pagi. Miliki aktivitas sarapan bersama keluarga setiap harinya. Jika tidak memungkinkan hal ini, menciptakan kebersamaan di pagi hari bisa dilakukan setidaknya dalam satu minggu sekali di akhir pekan. Selama keluarga kamu bahagia, seberat apapun karir yang Anda miliki akan terasa ringan.

4. Buat Kalender Khusus Untuk Keluarga

Buatlah list aktivitas yang bisa dilakukan anggota keluarga. Tulislah aktivitas-aktivitas yang akan direncanakan ke depannya. Dengan menulis hal ini, Anda bisa mengatur waktu dengan lebih baik dan terencana. Antara keluarga dan pekerjaan pun bisa dijalani dengan baik dan tertata rapi. Ajak pula anak dan suami melakukan hal yang sama dengan menulis daftar aktivitas mereka di kalender keluarga.

Itulah cara menyeimbangkan karir dan juga keluarga. Selain cara di atas, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah catat aktivitas menyenangkan bersama keluarga dan usahakan untuk memilikinya lagi suatu saat nanti, saat berada di rumah usahakan untuk meletakkan telepon, komputer atau apapun yang berhubungan dengan karir dan pekerjaan, komunikasikan permasalahan karir dan keluarga dengan ahlinya dan masih banyak lagi.

🔥35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *