4 Tips Efektif Menjaga Tubuh Anda Tetap Fit Dan Sehat

Sama halnya dengan smartphone yang mungkin saat ini sedang anda genggam yang memerlukan baterai untuk tetap hidup, manusia juga memerlukan energi atau stamina untuk tetap dapat melakukan aktivitas setiap saat. Dengan stamina yang terjaga dengan baik maka menjalankan aktivitas pun akan terasa ringan. Stamina merupakan kunci dari kekuatan yang dapat anda kerahkan untuk melakukan sesuatu baik itu bekerja, bermain, belajar, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting rasanya bagi setiap orang untuk tetap menjaga stamina agar tetap fit guna menjalankan kehidupanya.

Menurut saya tidak banyak jumlah orang yang peduli untuk menjaga stamina tubuhnya agar tetap fit dan bugar. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus dimana seseorang merasa cepat letih dan lebih parahnya lagi tertidur saat melakukan aktivitasnya. Tentu saja hal ini sangat merugikan dan menurunkan kinerja seseorang yang berakibat menurunya sumber daya manusia yang kompeten. Dan untuk diketahui stamina berhubungan erat dengan yang namanya mental bagi manusia. Jika semakin banyak manusia yang bermental bobrok, maka kehancuran dan kemunduran zaman pun tak dapat terhindari.

Sebegitu pentingnya kah yang disebut stamina ini hingga bisa menyebabkan kehancuran? Ya tentu saja sangat penting karena stamina adalah salah satu alasan mengapa hingga saat ini manusia bisa berkreasi dan menciptakan banyak hal yang berguna. Dikarenakan hal tersebutlah alasan saya membuat artikel tentang bagaimana cara menjaga stamina ini. Di artikel ini saya akan mencoba menyampaikan kepada anda beberapa tips untuk menjaga stamina agar tubuh tetap fit.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menjaga stamina agar tetap fit.

 

1.Makanan yang sehat dan seimbang

Makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu kunci paling penting untuk menjaga stamina dalam tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia mendapatkan asupan atau sumber energi dari makanan yang dibakar di dalam sistem metabolisme yang kemudian akan diuraikan menjadi energi. Jika makanan yang dikonsumsi baik, maka energi yang dihasilkan pun akan baik pula adanya.

Makanan yang sehat dan seimbang haruslah mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, dan serat. Anda bisa mendapatkan karbohidrat pada nasi, protein dan lemak pada daging, vitamin, mineral dan serat pada buah – buahan atau sayur – sayuran.

Untuk takaran makanan yang sehat dan seimbang dapat ditakar dengan menggunakan piring seperti berikut ini.

½ piring terdiri dari sayur – sayuran dan buah.
¼ piring terdiri daging baik ikan, ayam, sapi, dll.
¼ piring terdiri dari karbohidrat seperti nasi, gandum, sagu, dll.

Akan tetapi ingatlah untuk mengkonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, dan serat dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Karena jika sesuatu dikonsumsi secara berlebihan maka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

 

2. Asupan cairan yang cukup

Untuk sekedar diperhatikan bahwa anjuran meminum air 2 liter setiap harinya bukanlah harus dari air putih saja. Anda bisa memenuhi asupan cairan pada tubuh dari susu, kopi, dan buah – buahan yang mengandung air. Dan untuk diperhatikan kembali bahwa kita tidak sontak harus meminum sekaligus cairan sebanyak 2 liter dalam satu waktu. Minumlah jika anda merasa haus dan butuh minum dengan porsi yang tepat sehingga tidak menyebabkan anda kekenyangan air. Meminum air 2 liter setiap harinya pun sebenarnya tidak bisa jadi patokan untuk mencukupi konsumsi cairan tubuh setiap harinya. Karena setiap orang memiliki tubuh yang berbeda – beda dan tentu saja kebutuhan asupan cairanya pun berbeda – beda. 2 liter air adalah jumlah minimum seseorang mengkonsumsi air setiap harinya karena aktivitas setiap orang pun berbeda. Aktivitas yang berat dan mengeluarkan banyak keringat akan membuat tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak.

Jadi saran dari saya penuhilah asupan cairan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh anda, akan tetapi dengan membuat patokan bahwa minimal mengkonsumsi cairan setiap harinya adalah 2 liter.

 

3. Olahraga teratur

Mengapa olahraga yang mengeluarkan stamina bagus untuk menjaga stamina? Memang kita membutuhkan atau mengeluarkan energi dan stamina saat melakukan olahraga, akan tetapi dengan berolahraga akan menjaga kesehatan tubuh anda dan anda akan merasakan efek penambahan stamina dalam jangka panjang. Stamina bisa digunakan dengan baik atau secara maksimal hanya jika tubuh anda dalam keadaan sehat. Coba anda perhatikan seseorang yang sedang sakit, mereka merasakan lemas dan letih serta serasa tidak memiliki stamina di dalam tubuhnya. Inilah mengapa olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga stamina agar tetap fit.

Untuk menjaga stamina agar tetap fit, lakukanlah olahraga secara rutin setiap harinya paling tidak 30 menit perhari. Semakin sering anda berolahraga secara teratur maka secara otomatis tubuh anda akan berimprovisasi dan stamina anda pun akan meningkat sejalan denganya.

 

4. Tidur yang cukup

Tidur adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan semua orang setiap harinya untuk menjaga kestabilan tubuh. Kurang tidur dapat memberikan efek yang tidak baik pada diri kita baik secara fisik ataupun mental. Saat seseorang kurang tidur daya ingatnya pun akan lebih lambat, susah berkonsentrasi, kurang bergairah, malas, dan masih banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas maka pengisian energi akan lebih sempurna sehingga keesokan harinya anda memiliki stamina yang tetap terjaga. (edo raditya)

 

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *