4 Tips Atasi Kerontokan Rambut Pasca Melahirkan

Banyak perubahan terjadi setelah melahirkan baik itu secara fisik, psikologis termasuk kondisi kesehatan tubuh. Salah satu masalah yang muncul setelah melahirkan yaitu perubahan hormon yang menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.

Sebenarnya, kerontokan rambut pada ibu yang baru melahirkan umumnya sesuatu yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kejadian ini biasanya akan menimpa kaum hawa pada beberapa bulan awal sejak kelahiran anak mereka. Namun seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membaik dan rambut akan kembali tumbuh normal setidaknya hingga tahun pertama usia anak.

Berikut adalah tips mengatasi rambut rontok pasca melahirkan:

1. Libur dulu menata rambut Anda

Memberi suhu panas rambut Anda lewat hairdryer atau catokan dapat membuat rambut Anda terlihat semakin tipis. Anda mungkin harus bersabar sejenak, dengan tidak menata rambut Anda dan membiarkannya kering secara alami setelah keramas hingga kerontokan Anda berkurang. Menyisir terlalu keras juga dapat membuat rambut Anda rontok semakin banyak. Menyisirlah dengan lembut dan jangan menyisir lebih dari satu kali dalam sehari.

2. Makan makanan bernutrisi

Memakan sebanyak mungkin jenis buah dan sayur merupakan cara terbaik agar tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Makanan yang dapat meningkatkan kesehatan rambut antara lain adalah sayuran hijau gelap (untuk kebutuhan zat besi dan vitamin C), ubi dan wortel (untuk kebutuhan beta karoten), telur (untuk kebutuhan vitamin D), dan ikan (untuk kebutuhan omega-3 dan magnesium).

3. Meminum vitamin

Vitamin tidak boleh menggantikan makanan padat yang bervariasi, terutama jika Anda seorang ibu yang menyusui. Vitamin dapat berguna sebagai suplemen jika makanan yang Anda konsumsi tidak atau kurang seimbang. Walau tidak terdapat vitamin khusus yang terbukti dapat mempengaruhi kerontokan rambut, secara umum vitamin sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Anda dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi vitamin kehamilan Anda setelah Anda melahirkan.

4. Menggunakan shampoo yang menambah volume

Walau belum terdapat bukti, menggunakan shampoo berkondisioner dapat membuat rambut Anda lebih berat dan terlihat lebih tipis. Shampoo yang bervolume dapat menjaga bentuk rambut Anda dan memberikan tampilan yang lebih berkilau.

🔥6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *