4 Penyebab Umum Sperma Manjadi Encer

Sperma atau yang lebih dikenal dengan istilah air m*ni adalah cairan semen berwarna putih yang keluar dari p*nis saat terjadi ejakulasi. Umumnya pada saat keluar dari p*nis cairan sperma mempunyai warna yg putih atau terkadang keabu-abuan pekat dan kental. Ada sebuah fakta bahwa untuk laki-laki normal dalam satu kali ejakulasi maka dia akan mengeluarkan air mani/cairan sperma sebanyak 3 cc. Dan dalam setiap 1 cc air m*ni yang normal terkandung 100-120 juta ekor sel sperma.

Namun pada kenyataanya, saat ini banyak sekali laki-laki yang mempunyai suatu problema terkait dengan masalah sperma saat mereka ejakulasi. Banyak sekali laki-laki yang mengeluhkan di usia yang masih muda mereka mempunyai sperma encer, sedikit dan bening. Padahal banyak lho dari mereka yang belum menikah.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan sperma encer adalah sebagai berikut:

1. Ejakulasi yang terlalu sering

Baik kegiatan s*ksual dengan pasangan atau kebiasaan buruk melakukan on*ni yang dilakukan terlalu sering dapat menyebabkan sperma encer. Perlu diketahui bahwa sistem reproduksi pada lelaki dapat memproduksi sperma secara matang minimal membutuhkan waktu 48 jam. Nah kegiatan s*ks maupun perbuatan on*ni terlebih yang dilakukan lebih dari sekali dalam sehari tentu akan membuat sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi encer, sedikit dan bening.

2. Obesitas atau kegemukan berpengaruh pada jumlah sperma

Tahukah Anda bahwa ada sebuah fakta dari hasil studi saat ini bahwa lelaki dengan tubuh yang gemuk (obesitas) memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibanding dengan lelaki yang mempunyai berat badan normal. Bukan hanya jumlah sperma saja yang sedikit, akan tetapi jumlah sperma yang aktif dan mampu bergerak cepat juga lebih sedikit. Wooww tentu ini akan mempengaruhi kesuburan sperma bukan? Hal ini disebabkan karena pada tubuh lelaki yang gemuk terjadi perubahan jumlah koleksi protein yang dapat berpengaruh pada fungsi dan daya tahan hidup sperma.

3. Gaya hidup tidak sehat

Percaya atau tidak percaya hal ini merupakan hak Anda. Namun telah banyak studi dan penelitian bahwa hal-hal buruk berkaitan dengan gaya hidup dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma pada pria. Kebiasaan menyantap makanan tidak sehat, kurang gizi, merokok, minum minuman beralkohol, s*x bebas, kurang olahraga adalah sebagian kecil dari gaya hidup tidak sehat yang sudah ada penelitianya dan memang mempunyai korelasi dengan jumlah sperma. Jadi wajar apabila dengan usia Anda yang masih muda namun gaya hidup tidak sehat saat ini Anda mempunyai sperma encer, bening dan sedikit.

4. Faktor usia

Usia ternyata juga mempengaruhi baik pada jumlah maupun tingkat kualitas sperma. Memang produksi sperma pada seorang pria tidak akan berhenti, akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia akan terjadi penurunan produksi dan struktur transport sperma. Menurut studi yang telah dilakukan bahwa pria mempunyai usia biologis yaitu berkisar 40 tahun.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *