4 Manfaat Bulu Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Setiap tubuh manusia pasti memiliki bulu yang berfungsi untuk melindungi area tubuh tersebut. Sebenarnya kegunaan bulu yang ada di bagian tubuh memiliki peranan masing-masing yang sangat penting. Seperti contohnya bulu kaki. Untuk perbedaannya sendiri bulu kaki pada wanita dan pada pria lebih panjang dan lebat yang dimiliki oleh laki-laki. Pengaruh hormon testoteron yang ada pada laki-laki ikut mempengaruhi panjangnya bulu kaki dan kelebatannya. Bulu kaki pada kaki kadang memang terlihat mengganggu jika terlalu panjang sekali. Kadang kesan yang dilihat oleh orang lain saat melihat bulu kaki panjang adalah kotor dan kurang peduli. Tapi sebenarnya panjang bulu pada kaki sama sekali tidak berhubungan dengan itu.

Bulu pada kaki kadang bagi sebagian orang dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Itu kenapa khususnya wanita banyak yang memilih cara waxing untuk menghilangkan bulu baik secara sementara ataupun secara permanen. Waxing pada bulu kaki biasanya disediakan oleh para klinik kecantikan sebagai bentuk pelayanan. Begitupun ada juga yang lebih memilih cara yang instan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk waxing di klinik kecantikan yaitu dengan mencukur bulu kaki sendiri dirumah.

Mencukur bulu kaki diperbolehkan asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Kadang mencukur bulu kaki juga dapat mengakibatkan iritasi jika tidak dilakukan dengan benar. Pencukuran yang tepat dirasa baik jika memang panjang bulu kaki sudah tidak normal lagi. Namun biasanya setelah dicukur beberapa hari kemudian akan tumbuh kembali.

Berikut manfaat dari bulu kaki sangat banyak untuk Anda :

1.Peredaran darah lancar

Tumbuhnya bulu kaki disekitar kaki dengan normal merupakan salah satu indikasi baik bahwa peredaran darah disekitar kaki lancar. Dengan lancarnya peredaran darah bulu kaki jadi lebih mudah untuk tumbuh. Sedangkan bagi sebagian orang yang bulu kakinya tipis bahkan cenderung terlihat tidak ada bisa mengindikasikan peredaran yang kurang lancar. Untuk melancarkan peredaran darah banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan berolahraga. Jenis olahraga yang ingin dilakukan tidak perlu terlalu berat cukup dengan treadmil atau jogging sudah bisa melancarkan peredaran darah dengan catatan dilakukan secara rutin dan konsisten.

2. Indera peraba

Selanjutnya manfaat dari bulu pada kaki adalah sebagai indera peraba. Keberadaan bulu kaki menjadikan bagian kaki lebih sensitif terhadap rangsangan yang berasal dari luar. Contohnya saat Anda merasa ketakutan maka bulu kaki juga akan terasa berdiri akibat dari rasa ketakutan yang Anda rasakan. Indera peraba berupa bulu kaki ini juga terasa manfaatnya saat Anda menggunakan celana diatas lutut. Hawa sekitar akan langsung mempengaruhi bulu pada kaki.

3. Menjaga suhu tubuh

Suhu tubuh yang normal berada pada kisaran 37 derajat celcius. Suhu tubuh ikut dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar. Saat cuaca panas atau hujan suhu tubuh ikut berubah dengan pertukaran yang cukup drastis. Itu kenapa keberadaan bulu pada kaki berfungsi untuk menjaga suhu tubuh. Lebih spesifiknya keberadaan bulu kaki akan tetap menghangatkan tubuh saat cuaca diluar sedang dingin. Serta akan mendinginkan tubuh jika suhu diluar sedang panas.

4. Melindungi kulit

Terakhir manfaat dari bulu kaki adalah untuk melindungi kulit. Saat ada bulu pada kaki otomatis kulit kita akan terlindungi dengan adanya bulu itu. Misalkan saat terjatuh dan bagian yang terluka adalah kaki. Maka secara langsung bulu kaki akan ikut tercabut jika kulit kita terluka. Hanya saja luka yang terjadi akibat terjatuh itu tidak terlalu parah.

Itulah beberapa manfaat dari keberadaan bulu kaki bagi tubuh yang tidak selamanya terlihat kurang enak dipandang.

🔥34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *