4 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang menyebabkan penderita mengalami perubahan suasana hati secara drastis dari mania menjadi depresi, atau sebaliknya. Karena itu, gejala yang muncul pada penderita dengan kondisi ini akan tergantung kepada fase suasana hati mana yang tengah dia alami.

Selain itu, Anda pun harus berhati-hati saat mengkonsumsi berbagai jenis suplemen herbal karena beberapa tanaman herbal mungkin dapat berinteraksi dengan obat bipolar yang Anda konsumsi.

Berikut Makanan yang harus dihindari penderita gangguan bipolar:

1. Kafein

Membatasi konsumsi kafein juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, karena tidur yang nyenyak sangatlah penting bagi seorang penderita gangguan bipolar. Akan tetapi, bila Anda sedang mengalami episode depresi, maka pemberian kafein dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Selain itu, kafein juga dapat menurunkan efek sedatif beberapa jenis obat-obatan yang Anda gunakan seperti benzodiazepin yang banyak digunakan untuk mengatasi rasa cemas dan episode mania pada seorang penderita gangguan bipolar.

2. Lemak

Karena makanan yang mengandung banyak lemak dapat menghambat kerja beberapa jenis obat bipolar sehingga obat memerlukan waktu yang lebih lama untuk berefek, maka dianjurkan agar para penderita bipolar menghindari atau membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.

3. Tiramin

Bila Anda mengkonsumsi obat golongan MAO inhibitor, maka hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung tiramin. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi berat pada orang yang mengkonsumsi obat golongan MAO inhibitor.

Beberapa jenis makanan yang mengandung tiramin adalah:

  1. Pisang yang terlalu matang
  2. Kulit pisang
  3. Bir
  4. Keju fermentasi
  5. Daging lama
  6. Beberapa jenis wine seperti Chianti
  7. Saus soy dalam jumlah banyak

4. Suplemen Herbal

Hindari juga konsumsi beberapa jenis suplemen herbal bila Anda sedang mengkonsumsi berbagai jenis obat bipolar. Beberapa jenis suplemen herbal yang harus Anda hindari adalah St.John’s wort dan SAM-e. Hal ini dikarenakan keduanya dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat anti depresi dan obat bipolar. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.

🔥16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *