4 Jenis Makanan Harus Dihindari Karena Pemicu Kanker Serviks

Kanker serviks atau dikenal juga dengan kanker leher rahim merupakan penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, tepatnya di daerah leher rahim. Memang sebagian besar kanker ini disebabkan oleh virus yang disebut human papillomavirus atau HPV, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Dan tidak menutup kemungkinan makanan pun dapat menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Apa sajakah makanan penyebab kanker serviks?

Berikut makanan penyebab kanker serviks dan wajib anda dihindari :

1. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak termasuk salah satu jenis makanan yang memicu terjadinya kanker serviks. Wanita yang sering makan makanan yang banyak mengandung lemak mempunyai resiko terkena kanker serviks pada wanita lebih besar dibandingkan dengan yang jarang makan makanan yang mengandung lemak. Hal ini dikarenakan di dalam makanan berlemak, lemaknya ini mampu memproduksi suatu hormon yang disebut dengan hormon estrogen. Apabila seorang wanita seringkali mengkonsumsi makanan berlemak, maka lemaknya ini akan memproduksi hormon estrogen kemudian pada rahim seorang wanita yang sering kali mendapatkan hormon estrogen dalam jumlah berlebih maka akan memicu pertumbuhan sel kanker.

Kandungan lemak pada suatu jenis makanan banyak ditemukan pada jenis makanan yang digoreng seperti gorengan, keripik, dan juga berbagai jenis gorengan yang lain. Jenis makanan yang digoreng ini akan menjadi sangat menakutkan sebagai pemicu kanker serviks apabila digorengnya menggunakan minyak jelantah (minyak bekas). Dengan seringkali mengkonsumsi makan yang berlemak juga akan dapat membuat badan kita menjadi gemuk yang mana akan menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam melakukan kegiatan olah raga. Keadaan inilah yang juga akan menyebabkan sel kanker berubah semakin besar.

Oleh karenanya, sebaiknya anda termasuk kita semua harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang mana sangat berguna untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

2. Makanan dan Minuman Beralkohol

Pada dasarnya mengkonsumsi makanan dan minuman beralkohol secara berlebihan jelas sangat tidak dianjurkan untuk kita jika kita menginginkan tubuh yang sehat dan terjaga dari berbagai macam penyakit. Kenapa makanan maupun minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kanker serviks, hal ini dikarenakan kandungan alkohol yang terdapat pada suatu makanan atupun minuman membuat sel kanker menempel pada dinding rahim yang mengakibatkan terjadinya kanker serviks.

Makanan yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti tape, cake yang mengandung alkohol (diolah menggunakan campuran rhum, tape, wine, dan lain-lain), dan lain-lain. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol contohnya adalah seperti minuman keras, rhum, wine, arak, dan lain-lain.

Oleh karenanya bagi anda kaum wanita ataupun pria sebaiknya kurangilah jika perlu berhentilah dalam mengkonsumsi makanan maupun minum yang mengandung alkohol. Karena bagaimanapun juga alkohol tersebut tidak baik untuk tubuh.

3. Makanan dengan Bahan Campuran Kimia

Di zaman yang serba maju teknologinya seperti saat ini, rasanya akan sangat sulit sekali menemukan makanan yang terbebas dari campuran bahan-bahan kimia. Makanan dan miniman yang beredar dan dijual bebas di pasaran saat ini paling tidak sedikitnya sudah mengandung suatu jenis zat kimia seperti bahan pengawet, pewarna buatan, dan juga pemanis buatan. Oleh karenanya anda harus menghindari makanan dengan bumbu penyedap, makanan instan, makanan kaleng, dan juga daging dalam makanan siap saji karena jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu terjadinya kanker seviks.

Mengapa ?

Karena pada makanan yang mengandung berbagai macam bahan-bahan kimia dapat menimbulkan terjadinya penyakit, termasuk juga dapat memicu terjadinya kanker serviks.

Lantas bagaimana cara menghindarinya ?

Agar terhindar dari makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia, anda sebaiknya memasak sendiri makanan yang ingin anda makan. Dengan memasak sendiri, minimal anda mengetahui segala proses yang terjadi dan bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Dengan begitu, anda dapat melakukan yang terbaik bagi anda maupun keluarga anda agar terhindar dari kanker ini.

4. Makanan yang Diolah dengan Dibakar atau Dipanggang

Hampir semua orang menyukainya, apalagi ini adalah beberapa hari setelah hari raya Idul Adha banyak orang mengolah daging dengan cara dibakar atau dipanggang untuk dibuat sate, steak ataupun juga kambing guling. Namun ternyata bahwa makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dapat menjadi pemicu timbulnya kanker serviks. Penyebabnya adalah karena pada arang yang digunakan untuk membakar atau memanggangan bahan makanan, mengandung karbon. Yang mana karbon digolongkan sebagai zat karsinogenik atau zat pemicu terjadinya kanker.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *