4 EFEK ROKOK PADA REPRODUKSI LAKI-LAKI

Bukan hal baru lagi jika rokok berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, sejak dahulu rokok dikenal berbahaya bagi kesehatan karena mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak organ tubuh. Salah satunya, rokok berdampak pada kesehatan reproduksi pria juga. Banyak orang menyadari bahaya merokok bagi kesehatan, tapi mereka cenderung mengabaikan dan cukup tahu saja.

Padahal jika dipahami lebih dalam, efek rokok pada reproduksi pria itu sangat banyak, diantaranya :

1. Kualitas dan kuantitas sperma

Rokok mengandung berjuta-juta zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Bagi pria perokok, khusunya perokok aktif resiko yang ditimbulkan jauh lebih besar. Masuknya zat-zat yang terkandung dalam rokok terutama nikotin, jika masuk dalam tubuh akan mempengaruhi spermatogenesis atau pembelahan sperma pada pria dan pembelahan tersebut dapat dilakukan dengn kualitas sperma yang baik. Tercemarnya sperma oleh zat yang ada di dalam rokok akan mempengaruhi kualitas sperma. Selain itu, rokok juga mempengaruhi jumlah sperma yang dihasilkan.

2. Disfungsi seksual

Selain mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma, efek rokok pada reproduksi pria adalah terjadinya gangguan seksual atau disfungsi seksual seperti, ejakulasi dini, libido, dan ereksi. Pria yang kecanduan rokok akan mengalami gangguan-gangguan seksual.

3. Mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan

Proses reproduksi seorang pria perokok akan terganggu karena masuknya zat-zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok, seperti proses hormonal dan proses pembentukan sperma. Hal tersebut akan mempengaruhi kesuburan seorang pria dan berakibat fatal, yaitu kemandulan.

4. Impotensi

Salah satu peringatan yang tertera pada bungkus rokok adalah gangguan impotensi bagi pria, hal tersebut memang benar. Impotensi atau disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk melakukan atau mempertahankan ereksi dan salah satu penyebabnya adalah rokok. Rokok berbahaya bagi kesehatan reproduksi pria karena mayoritas pria adalah perokok aktif.

Jika manteman tidak mau mengalami gangguan atau penyakit di atas, sebaiknya kalian mulai memiliki niatan untuk membuang jauh rokok Anda karena efek rokok pada reproduksi pria sangat banyak dan dapat berakibat fatal. Laki-laki yang bisa berhenti merokok termasuk orang yg hebat karena menjaga tubuh.nya untuk sehat saja bisa. Apalagi menjaga kesehatan keluarganya kelak.

🔥60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *