4 Cara Menangani Bisul Supaya Tidak Semakin Parah

Terkadang rasa nyeri akibat bisul membuat gerakanmu terbatas. Rasa sakit bahkan bisa disertai demam. Pada beberapa kasus bisul dapat bertambah banyak (disebut juga karbunkel).

Bisul merupakan penyakit infeksi kulit yang berawal dari folikel rambut atau kelenjar minyak. Penyakit ini banyak ditemukan di daerah leher, muka, ketiak, bahu, bokong, atau paha. Biasanya bisul akan membesar, mengandung nanah, dan disertai rasa sakit.

Pada awalnya kulit yang terinfeksi hanya akan berubah kemerahan, kemudian sedikit membengkak dan terasa lembek. Setelah 4 sampai 7 hari, nanah baru akan terkumpul di bawah kulit.

Sebagian besar kasus bisul tidak membutuhkan penanganan medis. Sebab, umumnya bisul akan pecah dan mengeluarkan nanah dengan penanganan sendiri setelah 2 hari hingga 3 minggu.

Berikut tips dalam menangani bisul yang bisa kamu jalani secara mandiri di rumah:

1. Jangan Memencet Atau Mengeluarkan Nanah Sendiri

Hindari memencet atau mengeluarkan nanah sendiri, baik menggunakan tangan atau jarum. Cara mengobati bisul ini justru dapat memperparah infeksi pada bisul.

Risiko lain seperti penyebaran infeksi ke bagian lain kulit juga mungkin terjadi jika kamu memencet bisul. Bukannya membaik, memencet bisul ternyata bisa membuat infeksinya menyebar ke area kulit lain.

2. Kompres dengan Air Hangat

Bisul sebaiknya dikompres dengan air hangat untuk meredakan rasa sakit dan membantu nanah segera keluar. Kompres setiap 3-4 kali sehari selama 10-20 menit. Selain mengompres kamu juga boleh merendam bisul dalam air hangat.

Panas akan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar bisul sehingga sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi akan dikirimkan lebih banyak pada area kulit yang mengalami bisul.

Jika teratur melakukannya, umumnya bisul dapat pecah dalam 10 hari. Setelah bisul pecah, kamu bisa menutupnya dengan perban atau kassa bersih untuk mencegah infeksi menyebar ke area kulit lainnya.

3. Bersihkan Bisul yang Sudah Pecah

Apabila bisul sudah pecah sendiri, kamu harus segera membersihkannya dengan sabun antibakteri sampai nanah hilang. Jangan lupa bersihkan bagian tersebut dengan alkohol. Langsung oleskan antibiotik dan tutup luka dengan perban.

Lanjutkan untuk membersihkan bagian yang terinfeksi 2 sampai 3 kali sehari. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi menyebar ke bagian lain. Setelah itu, cuci tanganmu hingga bersih.

4. Oles Dan Tetesi Moment Propolis

Kalau Anda ingin menghilangkan bisu;, oleskan dan teteskan Moment Propolis secara teratur. Karena Propolis ini ada kandungan bioflavonoid, mineral, protein dan juga vitamin yang kesemuanya punya manfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, juga anti virus dan anti jamur yang cocok untuk penyakit apapun dan solusi buat keluarga kita.

Serta Moment Propolis sebagai pengganti antibiotik alami yang bertujuan agar bisul anda cepat mengering.

BERIKUT TESTIMONINYA

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi
WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *