4 Asupan Detok Dikonsumsi Setelah Makan

Jangan anggap remeh pemilihan asupan tepat untuk dikonsumsi setelah makan. Beberapa asupan tertentu diyakini tak sekadar menyegarkan, tapi juga membantu proses detoksifikasi tubuh.

Dengan mengkonsumsi asupan yang tepat, risiko Anda untuk mengalami kembung dan mual pasca makan berat juga bisa menurun.

Berikut 4 asupan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan:

1. Air putih

Air putih merupakan minuman yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Menurut konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB, memang sebaiknya setelah makan dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih terlebih dahulu, dibandingkan minuman lainnya.

“Sebab tujuan dari air putih sendiri kan untuk membersihkan rongga mulut dan kerongkongan, serta mendorong sisa makanan supaya masuk ke dalam mulut,” tutur dr Ari kepada detikHealth baru-baru ini.

Minum air putih setelah makan juga dapat membantu proses detoksifikasi dan pembuangan racun dari sistem pencernaan, sehingga mengurangi risiko Anda untuk mengalami kembung.

2. Teh hijau

Selain air putih, teh hijau juga merupakan salah satu jenis asupan yang bisa dikonsumsi setelah makan untuk proses detoks. Hal ini diyakini karena kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau.

Tak cuma membantu proses detoksifikasi, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu tubuh mengontrol tingkat gula darah dan menjaga nafsu makan.

3. Air kelapa

Air kelapa kaya akan kandungan antioksidan dan elektrolit seperti kalium, yang baik bagi proses detoksifikasi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi air kelapa diyakini dapat membantu mengurangi risiko kembung pada tubuh.

4. Buah kaya air

Buah yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka, stroberi, nanas dan melon, sangat efektif untuk fungsi detoksifikasi. Merek juga kaya akan kandungan serat, yang dapat membantu kerja sistem pencernaan.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *