30 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Setiap jenis sayuran pastinya memiliki nutrisi yang baik di dalamnya, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Demikian juga dengan bayam, dalam 100 gram bayam, terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, diantaranya:

2,3 gram protein
3,2 gram karbohidrat
3 gram zat besi
81 gram kalsium

Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk diserap oleh tubuh. Selain beberapa nutrisi bayam tersebut, bayam juga kaya akan vitamin, baik vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Bayam juga mengandung mineral, seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, flavonoid dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat dalam bayam iyalah karotenoid. Kandungan gizi, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam bayam, sangat baik untuk dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat bayam untuk kesehatan kita:

 

1. Dapat Melawan Kanker

Kanker disebabkan karena perkembangan sel kanker yang merambat ke jaringan tubuh. Sedangkan bayam memiliki kandungan flavonoid yang memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Kandungan flavonoid dalam bayam mampu menurunkan risiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker ke seluruh tubuh. Flavonoid dalam bayam, mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 34%. Dengan mengkonsumsi bayam, beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim dan beberapa jenis kanker lainnya, tidak dapat melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh, sehingga tidak dapat berkembang menjadi jenis kanker yang dapat menggerogoti tubuh manusia.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam memiliki kandungan karotenoid dan juga vitamin A. Vitamin A mampu membantu mata untuk menjaga kejernihan pandangan mata. Selain itu, kandungan karotenoid dalam bayam mampu untuk mencegah terjadinya pemyakit katarak dan degenerasi makula mata. Sehingga kesehatan mata dapat terjaga dengan baik.

 

3. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bayam memiliki kandungan vitamin K di dalamnya. Vitamin K yang terkandung di dalam bayam sangatlah tinggi. Manfaat dari vitamin K sendiri yakni untuk menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi bayam, secara tidak langsung dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh, sehingga asupan vitamin K dalam tubuh dapat tercukupi. Apabila vitamin K tercukupi, maka kesehatan tulang juga dapat terjaga. Vitamin K ini mampu mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

 

4. Menguatkan Tulang

Jenis sayuran hijau seperti bayam, memiliki kandungan mineral di dalamnya, seperti magnesium, seng, fosfor dan tembaga. Kandungan mineral inilah yang mampu menjaga kesehatan tulang dengan menjaga tulang agar tetap kuat. Fosfor sendiri juga mampu menjaga kelenturan tulang, sehingga tidak hanya keras, namun tulang juga dapat terhindar dari keretakan tulang.

 

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayam memiliki kandungan vitamin A, tidak hanya bermanfaat untuk mata. Vitamin A pada bayam juga dapat berfungsi sebagai salah satu komponen yang prosuksi limfosit, atau sel darah putih. Dimana sel darah putih ini mampu memerangi penyakit atau infeksi yang menyerang tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

 

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bayam memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini mampi menjaga kesehatan pencernaan dengan melindungi usus dan juga saluran pencernaan agar terhindar dari radikal bebas yang sangat berbahaya dan sering menyerang tubuh. Bayam juga memiliki kandungan asam folat yang mampu mencega terjadinya mutasi sel pada usus dan mencegah terjadinya kerusakan DNA.

 

7. Mencegah Terjadinya Sembelit

Kandungan serat dalam sayuran bayam cukup tinggi, yakni sekitar 20% kandungan serat yang ada dalam bayam. Serat yang terkandung dalam bayam ini baik untuk mencegah terjadinya sembelit, sehingga mampu membantu melancarkan buang air besar.

 

8. Mencegah Diabetes

Zat yang terkandung di dalam bayam mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Untuk menstabilkan gula darah, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bayam setiap hari. Gula darah yang stabil dapat mencegah risiko naiknya kadar gula darah bagi beberapa penderita diabetes. Selain itu, kandungan megnesium dalam bayam juga membantu mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

 

9. Bersifat Anti Inflamasi

Pasien penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis disarankan untuk mengkonsumsi bayam. Hal ini disebabkan karena bayam memiliki sifat anti inflamasi yang sangat tinggi. Sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena penyakit inflamasi.

 

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam bayam dapat dikatakan tinggi, sedangkan rendah sodium. Tingginya kalium dan rendahnya sodium dalam bayam sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah tinggi agar kembali stabil. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit, untuk itu, sebaiknya seseorang menjaga agar tekanan darah tidak terlampau tinggi.

 

11. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi bayam juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya darah tinggi. meskipun dapat menurunkan tekanan darah, namun kandungan zat besi dalam bayam akan tetap menjaga tekanan darah agar tidak menjadi rendah.

 

12. Melancarkan Sirkulasi Darah

Apabila sirkulasi darah terhambat, maka akan timbul berbagai jenis penyakit karena tidak lancarnya aliran darah ke beberapa organ tubuh. Untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam kurang lancarnya sirkulasi darah, kandungan asam folat dalam bayam dapat mengatasinya. Asam folat dalam bayam mampu menjadikan pembuluh darah lebih elastis, sehingga aliran darah tidak terhambat.

 

13. Mencegah Terjadinya Penyakit Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang disebabkan karena pengerasan pembuluh darah. Untuk mencegahnya, kandungan choline dan inositol dalam asam folat yang terkandung dalam bayam, mampu mengurani homosistein yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

 

14. Mencegah Anemia

Bayam sangat dikenal dengan tingginya kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya. Mengkonsumsi bayam sangat dianjurkan bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi dalam bayam mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

 

15. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin K yang terdapat dalam sayuran bayam, memiliki berbagai manfaat salah satunya yakni untuk menjaga kesehatan sistem syaraf. Kandungan vitamin K berguna untuk sintesis sphingolipids atau pembentukan selubung myelin di sekitar saraf.

 

16. Menjaga Fungsi Otak

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan sistem saraf, kandungan vitamin K dalam bayam juga sangat bermanfaat untuk otak. Vitamin K mampu menjaga fungsi otak dengan membantu mempertahankan dan meningkatkan daya ingat oleh otak.

 

17. Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya dapat mengakibatkan gusi berdarah. Vitamin C biasanya ditemukan dalam buah yang memiliki rasa yang sedikit asam. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak selalu benar, karena dalam sayuran seperti bayam juga terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Sehingga, mengatasi gusi berdarah tidak hanya dapat dilakukan dengan memakan buah yang memiliki rasa yang asam, akan tetapi dapat juga dengan mengkonsumsi sayuran bayam.

 

18. Berfungsi Sebagai Anti-oksidan

Anti-oksidan sangatlah penting karena dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Anti-oksidan terdapat dalam beberapa jenis sayuran, salah satunya adalah bayam. Kandungan anti-oksidan dalam bayam, sama seperti dalam kandungan buah dan sayur lainnya yang sangat bermanfaat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

 

19. Mengandung Nutrisi Yang Baik Untuk Pertumbuhan

Salah satu kandungan dalam bayam yang banyak dikenal orang adalah zat besi dalam sayuran bayam. Salah satu manfaat zat besi dalam bayam yakni baik untuk masa pertumbuhan anak dan remaja. Kandungan kaya kalori dan rendah lemak dalam bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga asupan nutrisi pada masa pertumbuhan.

 

20. Menjaga Stamina

Terlalu banyak bekerja atau melakukan banyak aktivitas dapat menyebabkan tubuh lemas dan merasa kelelahan. Mengkonsumsi bayam dapat mengembalikan stamina tubuh yang kendor akibat terlalu lama melakukan pekerjaan. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi dalam bayam yang dapat membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh, sehingga mengembalikan stamina tubuh.

 

21. Mencegah Pengapuran Pada Jaringan Tubuh

Vitamin K dalam bayam memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Vitamin K juga berperan dalam proses karboksilasi. Karboksilasi sendiri adalah proses pencegahan kalsium dalam pembentukan kapur dalam jaringan tubuh. Sehingga mencegah terjadinya pengapuran dalam jaringan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada beberapa organ tubuh.

 

22. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi yang sehat akan berpengaruh terhadap nafsu makan. Masalah yang dialami pada gigi yakni terjadinya gigi berlubang dan pengeroposan gigi. Salah satu faktor timbulnya gigi berlubang adalah karena kekurangan kalsium. Untuk memperguat gigi, dan memenuhi asupan kalsium gigi, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bayam secara rutin. Bayam juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya yang dapat membantu menguatkan gigi.

 

23. Mengatasi Maag

Maag disebabkan karena tingginya produksi asam lambung. Mengatsi maag dapat dilakukan dengan medis apabila maaf sudah kronis. Penderita maag juga disarankan untuk menjaga pola makan untuk tidak makan makanan bersantan dan juga pedas. Sayuran yang baik untuk penderita maag adalah bayam. Kandungan vitamin dan mineral dalam bayam dapat menurunkan produksi asam lambung.

 

24. Mengikat Kalsium

Kalsium sangat baik dan penting untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam bayam mampu dengan mudah mengikat kalsium. Sehingga kalsium tubuh yang dapat dimanfaat untuk menjaga beberapa organ tubuh tidak terbuang, karena diikat oleh vitamin C dalam bayam dan akan digunakan bagi organ tubuh yang memerlukan.

 

25. Menjaga Kesehatan Sendi

Untuk menggerakkan tubuh pada setiap ujung tulang akan dipertemukan dengan sendi agar satu tulang dan tulang yang lain dapat tergabung dan dapat digerakkan. Ketika sudah mengalami usia tua, biasanya beberapa orang akan mengalami kesusahan bergerak di bagian sendi. Untuk mengatasinya, kandungan vitamin D dalam bayam mampu memberikan nutrisi pada sendi, sehingga kesehatan sendi akan tetap terjaga.

 

26. Menjaga Kesehatan Jantung

Bayam memiliki kandungan asam folat yang mampu menurunkan homosistein, sehingga dapat menurunkan pula risiko terkena serangan jantung. Untuk itu, bagi penderita penyakit jantung, dapat mencegah serangan jantung dengan mengkonsumsi bayam.

 

27. Baik Untuk Mentsruasi

Mengalami menstruasi adalah hal yang terjadi secara periodik oleh setiap perempuan. Ketika mengalami menstruasi, perempuan akan membutuhkan banyak mineral, agar stamina tubuh tetap terjaga. Mineral yang diperlukaan saat seorang perempuan sedang mengalami haid, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam. Bayam juga termasuk dalam salah satu jenis tumbuhan yang memiliki kandungan mineral di dalamnya yang sangat baik untuk menjaga stamina.

 

28. Mengurangi Penumpukan Kolesterol Dalam Tubuh

Banyak sekali makanan yang mengandung kolesterol atau lemak jahat yang secara tidak sadar, dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Kolesterol dalam beberapa makanan seperti gorengan, dan beberapa makanan berminyak lainnya, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang berbahaya, karena dapat menghambat aliran darah. Untuk mengatasi masalah kolesterol, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bayam. Kandungan dalam bayam mampu menetralkan kolesterol dalam tubuh.

 

29. Meningkatkan Efisiensi Otot

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti dari Karolinska Institude di Swedia. Mengkonsumsi sayuran bayam mampu meningkatkan kinerja otot. Kandungan yang terdapat di dalam bayam mampu meningkatkan efisiensi pada otot. Sehingga kinerja otot dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya untuk membantu gerak tubuh.

 

30. Mengurangi Rasa Nyeri

Ketika mengalami peradangan, seseorang akan mengalami rasa nyeri. Rasa nyeri dapat disebabkan karena berbagai hal. Untuk mengatasi rasa nyeri, seseorang biasanya mengkonsumsi obat anti nyeri. Selain mengkonsumsi obat anti nyeri, nyeri yang sering dirasakan dapat diatasi dengan mengkonsumsi bayam. Bayam memiliki kandungan violaxanthin yang dapat meredakan rasa nyeri yang banyak di alami oleh beberapa orang, dengan penyebab yang berbeda-beda.

Bayam sering dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk menjadi berbagai olahan makanan. Hanya saja, belum banyak orang yang mengetahui bahwa bayam memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh. Bayam dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan tidak menyebabkan efek samping untuk kesehatan. Agar anak-anak juga suka untuk mengkonsumsi bayam, sayuran hijau ini dapat diolah menjadi berbagai olahan, dari sayur sampai es krim.

🔥15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *