3 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Promil

Selain faktor genetik dan kondisi tubuh, kesehatan sel telur perempuan juga ditentukan oleh apa yang dimakannya. Karena itu saat promil (program hamil), ia harus menjaga asupan makanan agar bisa hamil. Makanan saat promil yang sehat dengan nutrisi seimbang dapat menurunkan tingkat stres. Stres sering menjadi penyebab kegagalan promil.

Oleh sebab itu, makanan saat promil harus diperhatikan kandungannya, baik makanan untuk suami maupun istri.

Makanan saat promil yang harus dihindari

1. Lemak trans

Lemak trans bisa menyebabkan inflamasi yang memicu terjadinya endometriosis dan kemandulan. Selain itu, lemak trans memengaruhi ovulasi, produksi hormon dan pembuahan.

Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan 2% konsumsi lemak trans pada seporsi menu karbohidrat berkaitan dengan peningkatakan 73% risiko kemandulan indung telur. Lemak trans juga membuat sperma kesulitan membuahi sel telur dan embrio susah menempel di dinding rahim.

Oleh sebab itu, lemak trans termasuk ke dalam makanan yang harus Anda hindari saat promil. Contoh makanan yang mengandung lemak trans ialah donat kemasan, krimer tanpa lemak, atau roti buatan supermarket yang menggunakan setengah minyak sayur.

Baca dengan teliti kemasan makanan yang Anda beli, apakah di dalamnya mengandung lemak trans atau tidak.

2. Karbohidrat tinggi gula

Karbohidrat tinggi gula dapat memicu tingginya kadar beban glikemik (BG) dalam tubuh Anda. Sebuah studi menyebutkan perempuan yang memiliki BG paling tinggi memiliki risiko 92% mengalami kemandulan dibandingkan mereka yang memiliki kadar BG sangat rendah.

Oleh sebab itu, makanan saat promil yang harus Anda hindari adalah makanan manis mengandung karbohidrat seperti roti putih, beras putih, kue, hingga minuman manis yang bisa membuat proses ovulasi mengalami kegagalan.

Sebaliknya, perbanyak karbohidrat tinggi serat. Jika Anda tidak bisa melepaskan makanan manis, setidaknya Anda bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Imbangi dengan konsumsi kayu manis agar lebih sehat. Penelitian menyebutkan bahwa, kayu manis bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

3. Daging

Daging sapi dan babi bisa membuat program hamil Anda menjadi gagal. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi tinggi dari protein hewani bisa membalikkan kondisi kesuburan.

Anda masih tetap bisa mengkonsumsi daging dengan jumlah yang dibatasi. Perbanyak sayuran yang mengandung omega 3 untuk mengimbanginya.

Semoga bermanfaat.

🔥52

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *