3 Makanan Dan Minuman Saat Diare Yang Harus Dihindari

Saat diare menyerang, Anda akan merasakan mulas, diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB) terus menerus. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja dan bahkan bisa bertahan selama beberapa minggu, sehingga diare bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Penyebab diare paling sering terjadi adalah makan makanan yang tidak bersih atau malas cuci tangan. Nah, untuk mengatasi dan meringankan diare yang sedang dialami, Anda harus pintar-pintar memilih makanan dan minuman pendamping obat diare agar tidak semakin parah. Kira-kira, minuman dan makanan saat diare apa saja yang tidak baik untuk dikonsumsi?

Makanan dan minuman saat diare yang harus dihindari

1. Susu dan makanan berbahan dasar susu

Pertama, yang harus Anda hindari saat diare adalah susu dan makanan berbahan dasar susu. Bahkan jika Anda tidak punya kondisi intoleransi laktosa, ada baiknya tetap menghindari produk susu untuk sementara waktu. Diare dapat menyebabkan berkurangnya jumlah enzim laktase yang diperlukan tubuh mencerna laktosa (gula yang ditemukan dalam produk susu).

Berikut adalah beberapa produk yang mengandung laktosa:

  • Susu
  • Keju
  • Es krim

2. Minuman bersoda, berkafein, beralkohol

Bagi Anda yang sedang dilanda diare, Anda harus menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan cairan hilang lebih banyak. Alkohol, soda dan minuman yang mengandung kafein dapat bertindak sebagai diuretik (meningkatkan produksi dan volume urin), yang berarti berisiko menyebabkan atau memperburuk dehidrasi saat Anda terserang diare. Selain itu, minuman beralkohol dan bersoda juga dapat menurunkan efektivitas obat diare yang sedang Anda minum.

3. Makanan berminyak dan berlemak

Menurut penelitian, makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut, sehingga menyebabkan diare makin parah. Makanan-makanan berlemak ini dapat memperlambat pengosongan lambung, yang membuat Anda merasa kembung. Selain itu, makanan berlemak dapat membuat obat diare akan sulit terserap oleh tubuh.

🔥29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *