3 Kandungan Gizi Utama Durian Bagi Tubuh

Buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.

Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini adalah yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Kandungan gizi yang ada pada buah durian tentu bergantung pada seberapa banyak porsi kita mengkonsumsinya. Jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup, maka manfaat yang ada pada buah durian akan dirasakan optimal oleh tubuh. Lalu, apa saja kandungan gizi yang bisa kita peroleh dari buah durian.

Berikut kandungan gizi yang ada pada buah durian, adalah:

1. Karbohidrat dan serat

Kandungan karbohidrat pada buah durian cukup tinggi, dalam satu porsi buah durian, setara 2-3 biji ukuran sedang buah durian, terdapat 130 gram kandungan karbohidrat.

Untuk itu jika Anda ingin mengonsumsi durian maka sebaiknya perhitungkan dengan tepat asupan karbohidrat harian Anda. Jika sudah mengonsumsi durian maka sebisa mungkin gunakan karbohidrat dari durian tersebut sebagai pengganti karbohidrat dari makanan utama dalam satu kali makan.

Selain karbohidrat durian memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yaitu 9,2 gram dalam satu porsi sajinya.

2. Protein

Cukup jarang ada buah yang mengandung banyak protein, namun durian adalah salah satunya. Dalam satu porsi buah durian terdapat 3,6 gram protein. Angka ini cukup tinggi untuk kandungan protein dalam suatu makanan.

3. Vitamin dan mineral

Satu porsi durian dapat memenuhi 80% kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa. Selain itu tiap porsi durian mampu memenuhi 61% vitamin B1, 38% vitamin B6, 30% potasium dan 25% kebutuhan vitamin B2 harian tubuh.

Nah, itu dia tiga kandungan gizi utama yang ada pada buah durian. Perlu diingat bahwa manfaat di atas tentu akan kita rasakan jika kita mengonsumsi buah durian dalam porsi yang cukup.

Jadi, jangan berlebihan mengonsumsi buah durian, ya.

🔥32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *