2 Tips Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Mungkin bagi sebagian pasangan yang mengikuti promil dari dokter akan diberikan sejumlah obat-obatan yang bisa menunjang kesuburan baik si istri atau suami. Tapi, tak hanya oleh dokter, lho! Program hamil sebenarnya juga bisa kamu lakukan secara manual tanpa harus mengonsumsi obatan-obatan kimia, apalagi jika harus ditambah dengan asupan berupa suntik. Selain menguras waktu tentu tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Berikut tips meningkatkan kesuburan secara alami

Kami akan membahas dua hal paling penting yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan Anda, yaitu asupan nutrisi dan merubah gaya hidup.

Tips berikut ini tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan Anda, tetapi juga sangat berguna untuk mengatasi PMS, kram, kelelahan, sakit pada saat menstruasi dan masalah hormonal lainnya.

1. Asupan nutrisi

Asupan nutrisi merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesuburan Anda.

Banyak wanita modern menjalani diet rendah lemak dan tinggi serat dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan. Memang, penurunan berat badan bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan.

Dalam hal asupan nutrisi untuk mengoptimalkan kesuburan, lakukan tips berikut ini:

  • Jauhi makanan olahan, gula dan kurangi pati. Konsumsi lebih banyak karbohidrat padat gizi yang berasal dari sayuran, buah-buahan dan sumber pembuat tepung seperti kentang manis dan labu.
  • Tingkatkan asupan lemak sehat, terutama yang berasal dari buah kelapa, minyak kelapa, buah zaitun, minyak zaitun, mentega, daging dari hewan ternak pemakan rumput, telur, alpukat dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi cukup protein terutama yang berasal dari daging hewan ternak pemakan rumput, telur dan kacang-kacangan. Protein ini tidak hanya penting untuk meningkatkan kesuburan selama menjalani program hamil, tetapi juga penting selama masa kehamilan nantinya sebab kecukupan protein bisa membantu meminimalkan risiko komplikasi kehamilan tertentu.
  • Makan banyak sayuran terutama yang berdaun hijau seperti selada, bayam, brokoli, kembang kol, kale, lobak, kubis dan sayuran sejenis.
  • Minum air dengan cukup. Air sangat penting untuk begitu banyak fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan.
  • Kendalikan kadar insulin dalam tubuh Anda dengan membatasi asupan karbohidrat. Meskipun Anda bukan penderita diabetes tipe II, tingginya asupan karbohidrat juga bisa menyebabkan resistensi insulin.
  • Dengan membatasi karbohidrat, berarti Anda membantu tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin sehingga dengan demikian akan membantu produksi hormon fungsi tubuh lainnya.

Pada beberapa wanita, hanya dengan menjaga asupan nutrisi sudah cukup untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan mereka.

2. Merubah gaya hidup

Semua orang tahu bahwa kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi narkoba dan tingginya asupan kafein bisa sangat merusak kesuburan.

Selain hal-hal di atas, ada bebrapa faktor gaya hidup lainnya yang juga bisa memberi dampak negatif bagi kesuburan Anda, yaitu:

  • Kurang tidur.
  • Paparan bahan kimia berbahaya.
  • Kurang olahraga (atau terlalu banyak).
  • Tingkat stres yang tinggi.
  • Obat-obat atau suplemen tertentu.
  • Dengan sedikit usaha, Anda bisa meningkatkan kesuburan dengan merubah gaya hidup.

Lakukanlah beberapa tips berikut ini:

  • Tidur dengan cukup sangat penting dalam proses produksi berbagai hormon. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kadar melatonin dan serotonin yang rendah memiliki fase luteal yang lebih pendek (waktu antara ovulasi dan menstruasi), sehingga akibatnya peluang untuk hamil juga menurun. Kurang tidur juga mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur adrenalin, kortisol dan insulin dengan baik sehingga pembuahan menjadi sangat sulit.
  • Minimalisir paparan bahan kimia berbahaya. Ini berarti Anda harus ekstra waspada dalam menggunakan produk rumah tangga yang mengandung bahan kimia tertentu, botol air plastik, kosmetik dan produk kecantikan konvensional.
  • Berolahraga dengan cukup. Olahraga secukupnya sangat membantu untuk meningkatkan kesuburan, tapi hati-hati sebab olahraga berlebihan justru dapat mengganggu kesuburan Anda. Lakukan beberapa jam aktivitas fisik dalam seminggu (jalan kaki, permainan fisik yang Anda sukai atau berenang) serta lakukan sesi olahraga rutin. Jagalah untuk tidak melakukannya terlalu berat atau terlalu sering, sebab akan menghalangi tubuh Anda untuk bisa berovulasi dengan teratur. Penurunan berat badan memang sangat membantu meningkatkan kesuburan, namun terlalu sedikit lemak tubuh (di bawah 15-18%) dapat mengganggu ovulasi.
  • Hindari stres. Ini mungkin kedengannya lebih mudah dibanding kenyataannya, terutama bagi Anda yang memang memiliki masalah dengan kesuburan. Jika Anda bisa rileks, maka peluang Anda untuk hamil akan lebih besar. Iya, memang tidak sesederhana itu, namun bagaimanapun juga mengurangi tingkat stres adalah hal yang baik.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendeteksi apakah ada obat-obatan tertentu yang selama ini Anda konsumsi yang berpotensi bisa merusak kesuburan. Steroid dan antidepresan contohnya. Dan juga beberapa obat lainnya yang bisa mempengaruhi hormon.
🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *