18 Makanan Yang Dapat Memulikan Penyakit Bronkitis Dengan Cepat

Bronkitis merupakan sebuah keadaan di mana pada cabang tenggorokan atau bronkus mengalami inflamasi. Radang tersebut kemudian menimbulkan penyumbatan saluran udara kecil yang terhubung dengan paru-paru. Itulah mengapa kemudian muncul gejala sesak nafas serta batuk berdahak.

Hal ini bisa dilakukan dengan memilih makanan yang baik untuk bronkitis. Demi kepulihan bronkitis dengan cepat dan alami, makanan-makanan di bawah ini dapat dikonsumsi setiap hari.

1. Apel

Buah yang bisa menjauhkan kita dari penyakit ini memang sumber makanan tepat untuk yang mengidap bronkitis. Apel mampu membuat potensi serangan asma pun berkurang karena sifat antioksidannya yang tinggi. Memakannya bersama kulitnya akan membantu Anda memperoleh antioksidan tersebut, terutama pada apel merah. Bahkan alergi pun juga bisa diatasi oleh antihistamin serta anti inflamasi alaminya.

2. Bawang Putih

Antibiotik alami satu ini mampu menghancurkan sel-sel viral dan bakteri yang menginvasi tubuh penderita bronkitis. Terlepas dari efek samping bawang putih yang cukup mengkhawatirkan, bumbu dapur ini malah mampu mempercepat proses pemulihan dari bronkitis. Selain itu pun ada kandungan zat quercetin sehingga mampu tubuh memperlambat produksi lipoxygenase oleh tubuh. Lipoxygenase inilah yang biasanya menyebabkan terjadinya inflamasi di jaringan paru kita.

3. Peppermint

Cobalah untuk mengkonsumsi peppermint, yakni sebuah permen dengan kandungan mentol. Makanan ini baik untuk pengidap bronkitis sebab mempunyai sifat dekongestan. Perlu diketahui pula kalau mentol bisa berfungsi sebagai pengencer lendir pada paru-paru. Dengan demikian, penumpukan cairan di bagian paru dapat hilang sedikit-sedikit melalui batuk produktif.

4. Jamur

Jenis-jenis jamur seperti maitake, reishi, dan bahkan shiitake sangat berguna untuk penderita bronkitis. Semua jenis jamur tersebut dapat dikonsumsi untuk pencegahan rusaknya jaringan dan memulihkan bronkitis. Ada juga kandungan lentian pada jamur sehingga mengkonsumsi jamur adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Jahe

Jahe pun bagus sebagai makanan penolong di kala menderita bronkitis. Sebagai obat batuk tradisional, jahe terkenal sangat efektif terlepas dari efek samping jahe yang juga perlu diwaspadai. Menambahkan jahe pada masakan sup Anda akan membantu melegakan paru-paru dan memulihkan bronkitis secara bertahap dan alami.

6. Madu

Selain manfaat madu bagi penderita penyakit lambung diketahui sangat bagus, madu yang ditambahkan ke makanan maupun minuman juga akan memulihkan bronkitis. Antibakteri dan antiviralnyalah yang bisa Anda andalkan sehingga tenggorokan dan paru-paru menjadi lebih lega. Bahkan madu jugalah yang akan meningkatkan sistem imun yang sempat menjadi drop sebelumnya.

7. Ikan

Seorang penderita bronkitis membutuhkan makanan yang mengandung omega-3. Tentu contoh makanan terbaik yang dapat dikonsumsi secara harian adalah ikan dan minyak ikan. Masalah bronkitis dapat diatasi dan dikendalikan dengan mengkonsumsi ikan yang kaya omega-3. Kesehatan paru dan seluruh tubuh sungguh bergantung juga pada zat nutrisi satu ini, jadi tak ada salahnya mengkonsumsi.

8. Alfalfa

Mungkin banyak dari kita tak begitu tahu apa itu alfalfa dan masih asing akan namanya. Sebetulnya, ini adalah sejenis kecambah dan kita menyebutnya dengan istilah kecambah alfalfa. Di dalam kecambah ini terkandung klorofil yang bagus dalam memperlancar peredaran darah yang menuju paru-paru.

9. Makanan Pedas Berkandungan Vitamin C

Ingat juga bahwa vitamin C pun kita tahu di dalamnya ada sifat anti inflamasi serta antioksidan yang bisa membersihkan lendir. Baik itu asma atau alergi yang menjadi pemicu, selain dari makanan pedas ada juga sumber makanan lain akan vitamin C di bawah ini baik untuk dikonsumsi:

  • Sayuran hijau berwarna gelap.
  • Stroberi
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Brokoli
  • Paprika
  • Jambu
  • Kembang kol.

10. Makanan Berkandungan Vitamin D

Contoh makanan yang mengandung vitamin D dan aman bila dikonsumsi oleh penderita bronkitis adalah telur dan susu. Ini karena kebanyakan kasus orang yang memiliki keluhan akan bronkitis biasanya kurang asupan vitamin D. Ikan, makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, juga memiliki kadar tinggi akan vitamin D.

🔥10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *