15 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Bicara tentang buah rambutan, pastinya kita langsung membayangkan rasanya yang manis, asam. Di balik rasanya yang kecut, ternyata buah ini punya sederet manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bukan hanya berguna untuk mengatasi penyakit ringan dan berat, tapi khasiat rambutan juga efektif untuk merawat kecantikan kulit.

Manfaat buah rambutan berasal dari sejumlah nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Buah yang punya nama latin Niphelium Lappaceum ini dilengkapi dengan :

  • vitamin A, C
  •  protein
  •  karbohidrat
  •  serat.

Mineral yang terkandung dalam buah rambutan seperti :

  •  kalsium
  •  niacin
  •  zat besi
  •  potassium
  •  fosfor
  •  magnesium
  •  zinc

Buah tropis ini terbilang praktis untuk dikonsumsi. Cukup dengan mengupas kulit luarnya, kita dapat langsung memakan buah nya secara langsung. Berbeda dengan alpukat, yang harus disajikan dalam bentuk jus.

Mungkin kita sering memecahkan biji buah ini dengan gigi tanpa sengaja ? Tidak masalah, asal kan bijinya tidak tertelan saat kita memakan buah nya.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Berbagai jenis vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya membuat buah kecil ini kaya akan manfaat kesehatan.

Berikut ini adalah khasiat buah rambutan untuk kesehatan tubuh kita :

 1. Mengobati sariawan mulut dan bibir pecah-pecah

Penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi buah rambutan dalam porsi yang cukup.

Demikian pula, buah ini efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

 2. Menyehatkan mata Kekurangan vitamin A dapat menurunkan kesehatan mata.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang larut dalam air ini, kita dapat mengkonsumsi buah rambutan

 3. Menurunkan kolesterol jahat

Buah rambutan mengandung flavonoid, yang fungsinya dikaitkan sebagai penurun kadar kolesterol buruk (LDL).

 4. Mengatasi anemia

Buah rambut diperkaya dengan zat besi, yang dibutuhkan dalam produksi sel darah merah (eritrosit).

 5. Membantu mencegah kanker

Penyakit kanker dapat dipicu oleh paparan radikal bebas. Buah rambutan dilengkapi dengan asam gallic yang diyakini mampu memerangi radikal bebas yang sering dituding sebagai pemicu kanker.

 6. Menguatkan imunitas tubuh

Zat tembaga dalam buah rambutan berperan dalam pembentukan sel-sel darah putih. Dalam tubuh kita, sel-sel ini berguna untuk melawan virus, bakteri dan kuman merugikan kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh akan meningkat dengan asupan vitamin C dari buah ini, dimana vitamin ini bertindak sebagai antioksidan alami.

 7. Membantu fungsi ginjal

Detoksifikasi merupakan proses pembersihan racun dalam tubuh, yang dilakukan oleh ginjal. Di dalam organ tubuh ini, racun akan disaring dan dipisahkan. Terkadang racun itu tidak dapat dihilangkan secara tuntas dan masih tersisa dalam ginjal.

Zat fosfor dalam buah rambutan berguna untuk menetralisir toksin, sehingga ginjal lebih ringan saat bekerja.

 8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi dapat berbahaya bagi jantung kita. Buah rambutan dapat menjadi obat alami untuk mengatasi hipertensi, sehingga jantung pun makin sehat.

Hal ini disebabkan mineral penting yang terdapat dalam buah manis dan kecut ini.

 9. Mencegah sembelit

Buah rambutan mengandung banyak serat, yang berguna untuk melancarkan sistim pencernaan. Dengan konsumsi dalam porsi cukup, maka masalah sembelit atau konstipasi dapat dicegah.

 10. Mengatasi diare

Gangguan pencernaan seperti diare pada umumnya disebabkan oleh bakteri, yang masuk ke dalam usus lewat makanan atau minuman. Organ pencernaan termasuk lambung dan usus akan terlindungi dengan makan buah rambutan secukup nya.

 11. Sebagai sumber energi

Kehilangan banyak energi akan membuat tubuh kita merasa lelah dan lemas. Jika kita berolahraga berat atau melakukan aktivitas berat, tidak ada salahnya untuk makan buah rambutan. Karbohidrat dan protein dalam buah ini akan diubah menjadi energi, sehingga mengembalikan stamina tubuh kita.

 12. Mencegah peradangan dalam tubuh.

Buah rambutan memiliki sifat anti inflamasi, yang mencegah terjadinya peradangan pada organ tubuh. Peradangan dapat terjadi pada organ tubuh seperti sendi, tenggorokan, otot dan paru-paru.

Manfaat_Buah_Rambutan_untuk_Kecantikan

 13. Meremajakan kulit

Protein yang terkandung dalam buah ini berguna untuk mengganti sel-sel mati dan rusak, dengan sel-sel yang baru.

 14. Menutrisi rambut

Protein dan mineral zinc yang ada dalam buah rambutan, ternyata baik sekali untuk menjaga kecanti kan rambut kita. Tambahkan makanan ini ke dalam menu harian kita, untuk menjaga pertumbuhan rambut yang sehat.

 15. Membantu suksesnya program diet.

Buah rambutan menyediakan kalori bagi tubuh kita, juga serat yang berlimpah. Makanan sehat ini baik dikonsumsi bagi pelaku diet yang ingin mengurangi berat badan.

Semoga bermanfaat untuk semua…

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *