14 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Anemia

Darah rendah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anemia atau hipotensi adalah jumlah sel darah merah yang berada dibawah garis normal yang disebabkan karena tekanan pemompaan darah oleh jantung yang kian melemah, namun tidak mempengaruhi kualitas sel darahnya. Misalnya tekanan darah yang terbilang baik dan normal adalah 120/80 mm Hg , jika ternyata ukurannya dibawah tekanan normal tersebut maka Anda dapat dinyatakan menderita darah rendah misalnya 100/60 mm Hg.

Gejala Umum

Bagaimana gejala umum jika seseorang terserang darah rendah?

  • Tubuh lemas
  • Tubuh mudah lelah dan pegal pegal
  • Sering sesak nafas
  • Kepala pusing pusing yang datang dan pergi

Banyak orang yang belum mengetahui dan memahami dengan benar penyebab darah rendah yang akibtanya banyak pula yang tidak memperdulikan akibat dikemudian hari yang ternyata bisa mengancam jiwa seseorang. Berikut akan dijelaskan beberapa pantangan darah rendah dan pembahasan lengkap mengenai darah rendah.

Inilah pantangan bagi penderita tekanan darah rendah bagi semua jenis kelamin dan berlaku bagi semua umur

1. Menghindari Makanan yang Digoreng

Jika ingin makan makanan yang digoreng sebaiknya buatlah sendiri di rumah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak yang tidak mengandung trans, agar kesehatan jantung dan jumlah sel darah merah Anda tetap terjaga dengan baik.

2. Menghindari Makanan Siap Saji atau Junk Food

Sedapat mungkin hindari makanan olahan yang biasa disajikan pada makanan siap saji atau junk food yang mengandung lemak jenuh dan kolersterol LDL yang dapat mengiritasi lambung dan menyumbat pembuluh darah serta aliran darah.

3. Menghindari Makanan Asam

Makanan asam bersifat menggerus dan dapat mengiritasi lambung yang menyebabkan nafsu makan berkurang, jika lambung timbul luka atau asam lambungnya meningkat tanpa dilakukan pengobatan lebih lanjut maka kondisi tersebut cenderung akan menekan nafsu makan yang mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi yang akhirnya menyebabkan tubuh kekurangan darah dan terserang darah rendah.

4. Menghindari banyak Makan Mie Instan

Mie instan memang nikmat tetapi kendalikan agar tidak terlalu sering mengkonsumsinya. Zat pengawet dan zat lainnya dapat menghambat usus dalam mencerna makanan dengan baik, mie instan tidak banyak mengandung serat dan zat besi, maka tubuh akan menolak asupan makanan lain jika sudah makan mie instan karena mie bersifat menekan rasa lapar yang akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah menurun.

5. Tidak Minum Air Kelapa Muda

Air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh dalam sekejab ketika seseorang menderita kelelelahan akibat kerja yang berat atau olahraga. Air kelapa muda mengandung ion-ion energi sebagai pengganti cairan tubuh yang hampir hilang, untuk itu tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah yang rendah.

6. Tidak Minum-minuman yang Beralkohol

Alkohol bersifat panas dan dapat membuat luka dan iritasi lambung, usus dan merusak jumlah sel darah merah. Karena alkohol mampu merusak sel darah merah dan mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah menuju otak.

7. Tidak Makan Belimbing dan Mentimun atau Labu Parang

Mentimun, belimbing dan labu parang memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh tapi tidak bagi seseorang yang menderita darah rendah.

8. Jangan Membiarkan Stres Berkepanjangan

Stres dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan ketegangan otot disekitar kepala yang dapat mengganggu kinerja jaringan otak dan membuat tekanan darah menjadi tidak terkendali dengan baik.

9. Jangan Melakukan Olahraga Terlalu Berat

Olahraga apapun dapat menguras energi dan keringat karena menaikkan suhu tubuh dan mempercepat denyut nadi dan jantung. Jika Anda mempunyai tekanan darah rendah jangan melakukan olahraga yang terlalu berat, lakukanlah seperti jalan pagi.

10. Jangan Kurang Tidur

Bagi seseorang yang menderita darah rendah usahakan untuk tidur setidaknya 7 sampai 8 jam perhari untuk memperbaiki sel-sel darah merahnya agar semakin membaik dan meningkatkan sel darah merahnya. Jika kurang tidur mengakibatkan organ tubuh termasuk otak tidak dapat beristirahat dan terus bekerja, hal ini mengakibatkan jumlah sel darah merah didalam tubuh menjadi berkurang.

11. Hindari Tubuh Kurang Gula atau Garam

Bagi seseorang yang menderita darah rendah sebaiknya mengkonsumsi sedikit banyak gula dan garam pada menu masakannya agar tubuh terhindar dari anemia yang kronis. Gula dan garam dapat bertindak sebagai mineral yang baik untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan menstimulasi jumlah sel darah merah agar tidak semakin rendah.

12. Jangan Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi dan terdapat bahan pengawet yang bagi sebagian orang dapat menyebabkan alergi. Kandungan gula didalam minuman bersoda tidak menaikkan tekanan darah rendah menjadi lebih sehat tetapi justru memicu peningkatan kadar gula dalam darah.

13. Hindari Makanan yang Tidak Berserat

Makanan yang pantang Anda konsumsi adalah misalnya berbagai jenis cake, donat atau es krim.

14. Menghindari Jenis Makanan yang Pahit

Makanan yang mempunyai cita rasa pahit mempunyai semacam zat yang mampu menurunkan kadar tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi misalnya pare, jamu, daun pepaya, bunga pepaya dan lain-lain.

🔥14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *