12 Manfaat Lari Pagi Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Udara sejuk di pagi hari tentunya sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja tanpa diisi dengan aktifitas yang sifatnya positif, salah satunya adalah berolahraga. Olahraga di pagi hari, selain membuat tubuh menjadi segar, juga bisa memanjangkan umur.

Berikut 12 manfaat lari pagi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jantung Sehat

Ketika kita berlari, tidak hanya otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari.

Jika lari pagi menjadi rutinitas, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga statusnya menjadi lebih sehat dibanding jantung yang tidak terlatih. Berlari pagi memiliki manfaat membantu mengurangi resiko penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah akibat endapan kolesterol jahat seperti penyakit jantung koroner.

2. Paru-paru Sehat

Udara terbersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah di pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkannya. Terlebih ketika kita berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Tentu hal ini akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

3. Otot Kuat dan Sehat

Otot merupakan bagian tubuh kita yang apabila semakin dipacu dengan taraf tertentu, maka akan semakin meningkat kemampuannya. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, maka dia akan beradaptasi, membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak cadangan energinya, dan tentu saja menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Namun ketika rutinitas lari pagi tidak dilanjutkan, maka otot akan kembali seperti semula.

4. Mencegah Rematik

Keluhan yang sering dialami oleh para pekerja dan lansia, salah satunya pegal-pegal atau nyeri di anggota gerak, kita istilahkan dengan Rematik. Kondisi ini bisa terjadi ketika persendian menjadi kaku, pengapuran, peradangan, otot-otot yang tegang, tulang yang keropos, dan lain sebagainya.

Lari pagi membuat kita aktif menggerakkan kedua kaki pinggul, dan tangan. Gerakan itu membuat otot menjadi lebih lentur, mengurangi ketegangan, membuat persendian menjadi terlumasi dengan baik dan menguatkan tulang. Para pakar sepakat manfaat lari pagi akan membantu mengatasi penyakit rematik.

5. Mengatasi Sembelit

Tidak hanya sehat untuk jantung, paru, tulang dan otot, lari pagi juga bermanfaat untuk kesehetan organ pencernaan. Gerakan otot-otot saat berlari juga menggerakkan otot-otot bagian perut, dan juga memacu pergerakan usus. Kabar baik bagi mereka yang memiliki masalah susah buang air besar, tidak perlu obat kimia apalagi yang berharga mahal, karena ada cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan lari pagi, ditambah tips alami lainnya.

6. Mencegah Kanker Usus

Ketika sisa-sisa makanan (feses) tertahan lebih lama di dalam usus, maka racun-racun dan radikal bebas yang ada di dalamnya dapat melakukan kontak yang lama dengan usus, jika kondisi ini berlarut-larut maka bisa menyebabkan kanker usus. Oleh sebab itu penting sekali menjaga agar kita bisa buang air besar secara teratur setiap hari, salah satu tipsnya adalah lari pagi.

Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kanker usus berkurang hingga 24 %. Karena manfaat lari pagi yang dapat melancarkan buang air besar.

7. Membakar Kalori Tubuh

Tubuh kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, di hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan, jika tidak digunakan energi berlebih dari makanan akan menjadi jaringan lemak, itulah alasan mengapa seseorang menjadi gemuk.

Lari pagi merupakan salah satu solusi, ketika tubuh belum mendapatkan asupan, namun telah melakukan aktifitas berupa lari pagi, maka tubuh akan menggunakan cadangan energi. Dengan demikian, lemak akan dipecah dan tentu saja cara ini dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

8. Mencegah Diabetes

Sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan insulin untuk memasukkan glukosa ke dalamnya. Namun ada masanya ketika sel-sel tidak peka lagi terhadap insulin, misalnya sudah terlalu banyaknya cadangan energi, seperti jaringan lemak (pada orang gemuk/obesitas), seolah-olah tubuh sudah jenuh dan menumpuk di dalam darah (glukosa darah).

Olahraga, dalam hal ini lari pagi, memiliki manfaat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga akan menjaga agar gula darah selalu dalam kadar yang normal.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaatkan pagi hari untuk berlari ringan dengan udara yang segar dan suasana damai, seolah Anda akan membangkitkan setiap organ di dalam tubuh. Anda akan mendapatkan energi dan modal stamina untuk menunjang aktifitas seharian di hari yang sama.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat kita berlari maka metabolisme tubuh akan meningkat, dan kondisi ini juga akan memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel-sel imun tersebut sangat baik dalam membantu tubuh kita manangkal serangan-serangan mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri, parasit, jamur, dan sebagainya yang sering membuat seseorang mudah sakit. Oleh sebab itu, dengan kebiasaan lari pagi ini, tubuh menjadi semakin kuat dan tidak mudah sakit.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ini merupakan manfaat lari pagi yang tidak banyak diketahui, namun pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa para penderita insomnia yang di latih agar rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka bisa cepat tidur, 17 menit lebih cepat.

Selain itu mereka juga mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Manfaat lari pagi ini tentu bisa menjadi referensi bagi anda yang mengalami masalah susah tidur agar Anda bisa tidur lebih cepat dan bangun lebih segar.

12. Mencegah Impotensi

Tidak hanya menyehatkan tubuh, manfaat lari pagi juga menyasar organ kebanggaan para pria, dengan berlari di pagi hari maka akan meningkatkan fungsi kebugaran organ reproduksinya. Hal ini terjadi karena aliran darah ke organ intim pria akan menjadi lebih lancar ketika rajin lari pagi sehingga dapat mencegah impotensi.

đŸ”¥9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *