11 Tips Mengatasi Wajah Kusam Akibat Produk Kecantikan

Wajah kusam sering membuat tidak percaya diri. Padahal sebelum membuang banyak uang untuk perawatan, ada banyak cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menjaga agar kulit wajah tetap cerah.

Apalagi Anda terlalu sering menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda justru dapat menyebabkan iritasi dan sama sekali tidak mendatangkan manfaat. Sebagai contoh, kandungan asam dalam asam salisilat dan asam glikolat dari satu produk justru dapat merusak bahan vitamin C atau retinol.

Selain itu, sering berganti-ganti produk kecantikan juga tidak akan membawa hasil efektif. Untuk melihat hasil dari pemakaian sebuah produk, produk tersebut perlu digunakan selama durasi waktu tertentu dan tidak bisa diharapkan segera terlihat dalam waktu singkat.

Berikut beberapa tips lain seputar penggunaan produk perawatan untuk mencegah wajah kusam:

  1. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit (kulit kering/normal/berminyak).
  2. Jika kulit Anda adalah kulit kering, gunakan pembersih yang tanpa alkohol dan pewangi, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan gunakan air panas karena akan menghilangkan minyak di kulit Anda dengan cepat.
  3. Jika kulit Anda berminyak, gunakan air hangat dan pembersih wajah yang bebas minyak untuk membersihkan muka.
  4. Hindari penggunaan scrub wajah jika kulit Anda tergolong sensitif.
  5. Gunakan pelembap (moisturizer) tiap hari untuk menjaga agar kulit tetap lembap. Namun jika kulit wajah berjerawat, gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak. Pilih krim pelembap yang mengandung gliserin dan asam hialuronat yang dapat menyamarkan kerut halus pada wajah.
  6. Retinoid disebut-sebut bermanfaat untuk membantu mengurangi kerutan halus, meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan bercak cokelat pada wajah, mengurangi jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit. Retinoid umumnya hanya diberikan dengan resep dokter.
  7. Bersihkan riasan wajah setiap akan tidur untuk menghindari penyumbatan pori dan timbulnya jerawat.
  8. Hindari berbagi make-up dengan orang lain untuk meminimalkan risiko penyebaran bakteri.
  9. Gunakan pembersih khusus wajah karena pada umumnya sabun mandi mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit wajah.
  10. Kecuali pada kulit kering, aplikasikan scrub (eksfoliator) minimal dua kali seminggu untuk meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga pelembap dapat terserap kulit wajah.
  11. Gunakan krim antioksidan yang sudah teruji klinis untuk melawan radikal bebas dan mengandung niacinamide.

Hal yang perlu diingat, meski mencuci wajah berperan menjaga kulit tetap bersih, namun terlalu sering mencucinya dapat membuat kulit menjadi kering. Mencuci wajah 1 – 2 kali sehari sudah cukup bagi sebagian besar orang. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah.

🔥5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *