10 Nutrisi Yang Penting Untuk Anak, Orang Tua Harus Tahu

Nutrisi untuk anak perlu diberikan orangtua lewat makanan-makanan sehat yang bisa jadi pilihan Anda. Meskipun anak Anda diberi makan tiga kali sehari, belum tentu ia akan selalu sehat. Siapa tahu, makanan yang dilahapnya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu menyehatkan dan membantu pertumbuhan anak Anda.

Berikut adalah 10 Nutrisi untuk anak yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya, serta contoh makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

 

1. Kalsium

Kalsium merupaka salah satu nutrisi untuk anak yang penting untuk didapatkan tubuh. Kalsium berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Anda dapat memberikan kalsium pada anak lewat susu, ikan dan keju.

 

2. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial ternyata memiliki segudang manfaat bagi anak. Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, membangun sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh memproses penyerapan nutrisi.

Selain itu, asam lemak esensial juga diperlukan untuk mempertahankan fungsi otak yang mengatur indra penglihatan anak. Anda dapat memberikan nutrisi untuk anak ini lewat makanan seperti telur, ikan tuna dan kacang-kacangan.

 

3. Zat Besi

Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin, pigmen merah pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak, dapat menyebabkan anak terkena anemia. Akibat terkena anemia, anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah tersinggung. Berikan nutrisi penting untuk anak ini lewat makanan kaya zat besi seperti daging, kuning telur, dan ikan.

 

4. Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium di antaranya ialah menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Dapatkan nutrisi untuk anak ini lewat asupan seperti buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.

 

5. Kalium

Kalium adalah nutrisi yang bertugas untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Berikan anak Anda makanan pisang, tomat, dan susu untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup di tubuhnya.

 

6. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu nutrisi untuk anak dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, serta menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel-sel serta jaringan dalam tubuh, seperti rambut, kuku, dan kulit. Anda bisa menyediakan vitamin A pada anak lewat sumber makanan seperti daging sapi, hati ayam, susu dan buah-buahan berwarna cerah.

 

7. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan anak dalam proses pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan di tubuh mereka. Vitamin C juga menjaga gusi anak tetap sehat dan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Orangtua wajib memberi nutrisi untuk anak ini dan bisa didapatkan lewat buah pepaya, nanas, dan melon.

 

8. Vitamin D

Asupan vitamin D juga tidak kalah penting dengan nutrisi lainnya. Vitamin ini dapat membantu tubuh anak menyerap mineral seperti kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat, sebab perkembangan massa tulang pada anak harus sangat diperhatikan. Anda bisa memberikan nutrisi vitamin D untuk anak melalui asupan makanan seperti telur, tahu, tempe dan daging ikan.

 

9. Vitamin E

Pada masa pertumbuhan anak, vitamin E diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme lainnya. Dengan mengonsumsi makanan seperti bayam. biji-bijian dan buah alpukat, Anda turut memberikan asupan vitamin E yang baik untuk tubuh anak.

 

10. Zinc (Seng)

Terakhir, zinc atau seng adalah nutrisi untuk anak yang penting untuk dipenuhi. Lebih dari 70 enzim dalam tubuh membutuhkan zinc (seng) untuk menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. Dapatkan nutrisi zinc untuk anak lewat sumber makanan seperti brokoli, bayam dan tomat

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *