10 Makanan Yang Tidak Harus Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menjadi momok bagi banyak orang. Tak hanya orangtua saja, kini diabetes juga banyak menyerang anak muda. Penyakit diabetes sejatinya bisa dikurangi dengan pola hidup sehat. Banyak yang beranggapan makanan untuk penderita diabetes itu tidak enak, karena sedikitnya kandungan gula.

Berikut Makanan yang harus dihindari saat belanja

Penderita diabetes tidak bisa makan dengan bebas seperti orang normal. Salah makan dapat memperburuk kondisinya. Beberapa makanan untuk diabetes pun harus dibatasi konsumsinya, bahkan dihindari. Makanan tersebut adalah makanan yang dapat menyebabkan gula darah naik. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah:

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau gula tinggi
  2. Makanan kaleng yang mengandung tinggi natrium
  3. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, seperti makanan yang digoreng, daging banyak lemak, ayam dengan kulit
  4. Permen
  5. Kue manis
  6. Selai atau jelly
  7. Minuman bersoda
  8. Minuman berenergi
  9. Teh manis
  10. Kopi dengan gula dan krim

Apa yang harus diperhatikan saat belanja makanan untuk diabetes?

Di samping makanan segar, banyak juga tersedia makanan kemasan untuk dipilih penderita diabetes. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya, yaitu:

  • Jangan langsung percaya dengan klaim gizi yang ada di kemasan. Jika klaim gizi mengatakan makanan tersebut rendah lemak atau rendah gula, bukan berarti itu benar. Untuk memastikannya, sebaiknya baca informasi nilai gizi yang ada pada kemasan.
  • Baca informasi nilai gizi. Ini memudahkan Anda dalam memilih makanan yang harus dibeli atau tidak. Yang paling penting bagi penderita diabetes adalah cari tahu jumlah karbohidrat total per porsi yang terkandung dalam makanan tersebut.
  • Lihat bahan-bahan yang terkandung. Biasanya, bahan-bahan tercantum secara berurutan dari jumlah kandungan tertinggi sampai terendah.
  • Cari tahu apakah ada kandungan gula tersembunyi atau tidak. Gula yang biasanya ada dalam makanan atau minuman kemasan terkandung dalam bentuk sirup jagung, fruktosa, dan dekstrosa.
  • Batasi atau hindari makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, sukralosa, sakarin, dan kalium asesulfat.

Jika kadar glukosa tetap tinggi, dapat segera menghubungi dokter untuk melakukan pengecekan gula darah untuk mengetahui penyebab lain gula darah Anda tinggi.

🔥8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *