10 Makanan Yang Harus Dihindari Bila Asam Lambung Naik

Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan. Masalah naiknya asam lambung disebabkan salah satunya karena asupan makanan yang kurang bergizi dan tidak menerapkan pola hidup sehat yang baik pada kehidupan sehari-hari. Stress berlebihan juga dapat memicu penyakit ini kambuh.

Gejala yang dirasakan penderita ketika asam lambung kambuh adalah nyeri pada bagian ulu hati. Ini artinya produksi asam lambung sedang meningkat.

Tidak hanya mual dan muntah saja yang akan dialami, tetapi juga akan mengalami rasa nyeri hingga panas pada bagian perut. Gejala seperti rasa panas di dada atau tenggorokan, sesak napas dan gejala lainnya yang sama sekali tidak boleh dibiarkan, karena gejala naiknya asam lambung juga sama dengan serangan jantung.

Berikut 10 Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung:

Ada banyak penyebab tingginya asam lambung, oleh sebab itu kenalilah beberapa makanan yang perlu dihindari saat asam lambung naik:

1. Mie

Hindari dulu segala jenis mie, terutama mie instan! Karena dapat membuat asam lambung makin tinggi dan mengikis lambung kita.

2. Ubi

Makanan yang mengandung gas juga sebaiknya dihindari terlebih dulu karena makin membuat kembung.

3. Tape dan roti

Makanan yang mengandung ragi sebaiknya dijauhi terlebih dulu. Seperti roti ataupun tape.

4. Buah-buahan bersifat asam atau berbau menyengat

Jeruk, anggur, tomat, salak, nangka, durian, bisa mengakibatkan naiknya asam lambung kita. Maka sebaiknya dihindari dulu ketika asam lambung sedang kambuh!

5. Makanan Pedas

Kurangilah level makanan pedas yang biasa dikonsumsi! Sangat jelas makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung, dan tentu saja perlu dihindari saat asam lambung sedang tinggi.

6. Kafein

Baik kopi maupun teh, ketika asam lambung sedang tinggi sebaiknya hindari dulu karena kedua minuman tersebut mengandung kafein yang memicu asam lambung.

7. Coklat

Coklat ternyata juga memicu relaksasi otot antara lambung tinggi dan kerongkongan sehingga asam lambung tinggi dapat naik kembali ke kerongkongan. Hindari cokelat untuk sementara waktu!

8. Minuman berkarbon

Jelas sekali minuman berkarbon memicuasam lambung naik, jangan konsumsi minuman bersoda apalagi beralkohon yang efeknya sangat buruk untuk lambung.

9. Sayuran

Tidak semua sayuran tapi ada sayuran tertentu juga dapat memicu seperti kembang kol, kubis brussel, kol, dan brokoli juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Hindari sementara sayuran-sayuran tersebut saat asam lambung terasa naik.

Semoga bermanfaat 🙂

🔥35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *