10 Langkah Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat

Hipertensi, didefinisikan secara sederhana sebagai tekanan darah yang di atas batas normal. Tekanan darah adalah tekanan terhadap dinding arteri saat dipompa keluar dari jantung Anda. Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung (misalnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal/istirahat) dan daya tahan pembuluh darahnya.

Biasanya setelah Anda memiliki tekanan darah tinggi, tubuh Anda akan rentan mengalami berbagai ganguan. Pasalnya, penyakit ini memaksa jantung bekerja lebih keras guna mendorong darah melalui arteri. Hal ini pada akhirnya menyebabkan otot jantung menebal. Meski kita biasanya berpikir bahwa otot yang lebih besar adalah hal yang baik, lain ceritanya dengan otot jantung. Pembesaran otot jantung bukanlah tanda kesehatan yang baik.

Otot-otot jantung yang menebal membuat jantung kesulitan untuk memompa darah. Pada akhirnya bisa mengalami kegagalan fungsi karena menopang beban yang terlalu berat untuk memompa darah. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan arteri yang mengelilingi jantung mengeras, akhirnya mengarah ke serangan jantung.

Berikut 10 langkah untuk mengatasi tekanan darah tinggi:

1. Mengurangi berat badan

Tekanan darah sering meningkat ketika berat badan bertambah. Berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat anda tidur (tidur apnea), yang akan meningkatkan tekanan darah anda.

Berat adalah salah satu yang paling efektif perubahan gaya hidup untuk mengontrol tekanan darah. Kehilangan hanya 4 sampai 5 kilogram dapat mengurangi tekanan darah anda.

2. Berolahraga sering

Aktivitas fisik biasa minimal 30 menit sepanjang hari dalam seminggu dapat mengurangi tekanan darah anda dengan 4 sampai 9 milimeter merkuri (mm). Hal yang paling penting adalah konsisten karena jika anda berhenti berolahraga, tekanan darah anda bisa kembali ke atas.

Jika anda memiliki sedikit tekanan darah tinggi (prahipertensi), latihan dapat membantu anda menghindari hipertensi kronis. Jika anda sudah mengalami hipertensi, kegiatan fisik yang masih dapat membawa tekanan darah anda ke tingkat yang lebih aman.

Jenis terbaik latihan untuk menurunkan tekanan darah termasuk pada kaki, joging, bersepeda, atau berenang.

3. Makan makanan sehat.

Makan kaya diet dengan sereal, buah-buahan, sayuran dan lain-lain dapat menurunkan tekanan darah anda. Saya mengerti tidak mudah untuk mengubah kebiasaan makan anda, tetapi dengan melakukan tips yang saya berikan, anda dapat berlatih diet sehat:

  •  Simpan buku harian makanan. Tulis apa yang kau makan. Perhatikan apa yang anda makan, berapa banyak, kapan dan mengapa.
  •  Pertimbangkan meningkatkan kalium. Kalium (kalium) dapat mengurangi efek natrium (natrium) pada tekanan darah. Sumber kalium terbaik adalah makanan, seperti buah-buahan dan sayuran, dan bukan makanan tambahan.
  •  Jadilah pembeli yang cerdas. Baca LABEL MAKANAN SAAT ANDA BERBELANJA dan berpegang pada rencana makan yang sehat saat anda sedang makan.

4. Mengurangi natrium pada diet

Meskipun pengurangan kecil dalam sodium (natrium) pada diet, anda dapat mengurangi tekanan darah dengan 2 sampai 8 MM.

Efek natrium memilih tekanan darah berbeda-beda oleh individu. Secara umum, membatasi natrium hingga kurang dari 2,300 miligram (mg) sehari atau kurang.

Untuk mengurangi sodium dalam diet anda, ikuti kiat-kiat berikut:

  •  Baca label makanan. Jika mungkin, pilih alternatif sodium rendah makanan dan minuman yang biasanya anda beli.
  •  Kurang makan makanan diproses. Hanya sejumlah kecil sodium terjadi secara alami dalam makanan. Sebagian besar sodium ditambahkan selama pemrosesan.
  •  Jangan tambah garam. Hanya 1 sendok teh garam punya 2,300 mg natrium. Gunakan HERBAL ATAU REMPAH-rempah untuk menambah rasa pada makanan anda.

5. Mengurangi alkohol

Alkohol pada jumlah kecil, itu berpotensi menurunkan tekanan darah anda dengan 2 sampai 4 MM. Tapi efek dari perlindungan hilang jika kau minum terlalu banyak alkohol. Minum lebih banyak dari jumlah alkohol yang sederhana dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini juga dapat mengurangi efektivitas obat tekanan darah.

6. Berhenti merokok

Setiap rokok yang anda hisap dapat meningkatkan tekanan darah anda selama beberapa menit setelah anda selesai. Berhenti merokok membantu tekanan darah anda kembali normal. Orang-orang yang berhenti merokok, terlepas dari usia, memiliki peningkatan besar dalam hidup.

7. Mengurangi kafein

Peran kafein dalam tekanan darah masih diperdebatkan dan diperdebatkan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah 10 mm anda kepada orang-orang yang jarang menggunakannya, tetapi tidak memiliki efek signifikan pada tekanan darah untuk peminum kopi biasa. Untuk mencari tahu apakah kafein dapat meningkatkan tekanan darah anda, periksa tekanan anda dalam waktu 30 menit setelah minum minuman berkafein. Jika tekanan darah anda tumbuh 5 sampai 10 mm, anda mungkin sensitif terhadap tekanan darah yang meningkatkan efek kafein. Anda dapat melihat dan berbicara dengan dokter.

8. Mengurangi stres dan tekanan pada hidup

Tekanan hidup stres dan kronis adalah kontributor penting untuk tekanan darah tinggi. Stres sekali-sekali juga bisa berkontribusi pada tekanan darah tinggi jika anda menanggapi tekanan dengan makan makanan sehat, minum alkohol atau merokok.

Luangkan sedikit waktu untuk berpikir tentang apa yang menyebabkan anda merasa tertekan, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan tekanan anda, menemukan solusi bagaimana anda dapat mengurangi tekanan. Jika anda tidak dapat memecahkan semua tekanan anda, anda dapat setidaknya menanganinya dengan cara yang lebih sehat.

9. Pantau tekanan darah anda.

Periksa dan pantau tekanan darah di rumah dan temui dokter anda secara teratur. Pemantauan di rumah dapat membantu anda mempertahankan bacaan normal dari tekanan darah anda, membantu anda tetap konsisten dengan gaya hidup sehat, dan sinyal anda jika ada tanda-tanda awal komplikasi kesehatan.

10. Dapatkan dukungan keluarga dan teman-teman

Keluarga dan teman benar-benar penting dalam membantu meningkatkan kesehatan anda. Mereka dapat mendorong anda untuk mengurus diri sendiri, membantu untuk melihat dokter atau memulai program latihan untuk memastikan tekanan darah anda rendah. Hal ini juga dapat memberi anda hubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan emosional dan mereka yang dapat menawarkan tips praktis untuk membantu anda.

🔥7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *