10 Keluhan Yang Selalu Dialami Saat Ibu Sedang Hamil

Hamil merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi wanita. Namun, beberapa ibu mengeluhkan masalah yang membuat dirinya tidak nyaman selama masa kehamilan, terutama saat hamil muda. Masalah ini mungkin berbeda di setiap wanita dan waktu terjadinya juga mungkin berbeda. Bahkan, ada beberapa wanita yang mungkin tidak mengalami keluhan ini sama sekali. Lantas, apa saja hal yang paling sering dikeluhkan saat ibu hamil muda? Kami mencoba merangkumnya dalam artikel ini.

Berikut ini merupakan keluhan-keluhan yang paling umum dialami oleh ibu hamil beserta penyebabnya.

1. Morning sickness

Ibu hamil muda paling sering mengalami morning sickness. Ya, morning sickness biasanya terjadi di tiga bulan pertama kehamilan. Kondisi ini membuat ibu hamil muda sering merasa ingin muntah dan mual. Akibatnya, ibu hamil jadi kesulitan untuk makan. Walaupun dinamakan morning sickness, tetapi kondisi ini tidak selamanya terjadi di pagi hari. Morning sickness disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan.

2. Sembelit

Di masa kehamilan, biasanya Anda mengalami sembelit, yaitu ketika pergerakan usus mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kotoran/feses. Keluhan ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon, atau juga dapat disebabkan oleh diet Anda yang kurang makanan berserat. Jika sembelit tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan berkembangnya wasir alias ambeien, yaitu bengkaknya pembuluh darah di sekitar anus. Ambien adalah permasalahan yang paling sering dikeluhkan para ibu hamil.

3. Kram

Kram pada kaki yang biasanya terjadi pada malam hari mungkin menjadi keluhan umum pada beberapa ibu hamil selama trimester kedua. Kram mungkin disebabkan oleh beban tambahan yang dibawa ibu saat kehamilan yang membuat otot menjadi tegang. Anda bisa mencoba salah satu gerakan senam hamil untuk mencegah kram, yaitu menggerakan kaki Anda ke atas dan ke bawah sebanyak 30 kali. Selanjutnya putar kaki Anda 8 kali secara bergantian.

4. Pembengkakan

Ibu hamil juga sering mengalami pembengkakan yang umumnya terjadi di bagian tangan, kaki, pergelangan kaki, dan jari. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda mengandung lebih banyak cairan saat hamil. Saat cuaca panas atau jika Anda terlalu banyak berdiri, cairan tubuh akan lebih banyak berkumpul pada bagian terendah dari tubuh. Bengkak juga dapat menjadi tanda Anda menderita preeklampsia jika diikuti dengan sakit kepala, penglihatan menjadi buram, sakit pada tulang rusuk bagian bawah, dan muntah.

5. Sakit punggung

Selama kehamilan, ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang menjadi lebih lunak dan meregang untuk mempersiapkan tubuh melakukan persalinan. Berat yang meningkat karena pertumbuhan bayi dalam kandungan yang bertambah besar membuat beban ini ditempatkan pada sendi punggung dan panggul sehingga menyebabkan sakit punggung. Untuk mencegah sakit punggung saat hamil, ibu hamil sebaiknya:

6. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Sakit kepala saat hamil seringnya disebabkan oleh hormon. Biasanya terjadi saat Anda hamil muda dan akan berkurang pada 6 bulan terakhir kehamilan. Sakit kepala saat hamil memang tidak akan menyakiti bayi Anda, tetapi membuat Anda tidak nyaman.

7. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil biasanya terjadi saat Anda hamil muda, yaitu sekitar usia 12-14 minggu pertama kehamilan. Setelah itu, biasanya frekuensi buang air kecil ibu hamil akan kembali normal.

8. Keputihan

Keputihan dapat terjadi selama kehamilan dan hampir semua ibu hamil mengalami hal ini. Keputihan meningkat pada saat kehamilan karena untuk melindungi vagina dan rahim dari infeksi. Selama kehamilan, serviks atau leher rahim dan dinding vagina menjadi lebih lembut.

9. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan umum dialami oleh ibu hamil. Gangguan pencernaan atau dikenal sebagai dispepsia disebabkan oleh perubahan hormon, dan pada akhir kehamilan juga disebabkan oleh uterus yang terus berkembang sehingga menekan perut Anda.

Perubahan ini sering menyebabkan refluks asam, di mana asam lambung naik dari perut ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan pada kerongkongan, menghasilkan heartburn alias perasaan panas pada perut bagian atas.

10. Merasa lemah dan ingin pingsan

Ibu hamil sering merasa lemah dan hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan, terutama saat hamil muda. Pingsan dapat terjadi ketika otak tidak mendapatkan cukup aliran darah sehingga otak mengalami kekurangan oksigen.

🔥28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *