10 Ciri-Ciri Awalnya Terkena Kanker Serviks Stadium Awal

Kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang mengancam jiwa raga. Tak terkecuali adalah penyakit kanker berbahaya yang menyerang kaum hawa, yaitu kanker serviks. Berdasarkan hasil survei, kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan pembunuh wanita nomor 1. Awalnya, kanker ini sulit dideteksi. Ciri-ciri kanker serviks pada tahap awal juga sering tidak disadari.

Mengingat bahwa tanda-tanda awalnya sering tidak disadari, jenis kanker ini justru membahayakan. Rasa sakit belum terasa pada stadium awal dan akan terasa saat sudah mencapai stadium lanjut. Hal ini menjadikan penderita tidak mengetahui bahwa kanker sedang bersarang dalam tubuhnya. Dengan demikian, penanganan dini juga tidak dapat dilakukan. Akhirnya, kanker pun berlanjut.

Bagaimana cara agar menyadari adanya kanker serviks sejak awal? Seperti apakah ciri-ciri kanker leher rahim pada stadium awal? Sebelum ciri-cirinya, Anda juga harus mengetahui beberapa faktor pemicunya, yaitu kurang menjaga kebersihan tubuh, kurang nutrisi, sistem imun lemah, merokok, atau sering berganti pasangan.

Berikut ini 10 ciri-ciri kanker serviks :

1. Rasa Sakit di Mulut Rahim

Salah satu ciri kanker serviks pada tahap awal adalah timbulnya rasa sakit di mulut rahim. Meskipun demikian, rasa sakit ini tidak sering dirasakan dan masih dapat ditahan. Apabila dibiarkan saja, maka rasa sakit itu semakin sering terjadi dan semakin sakit. Jika Anda mulai merasakan sakit tersebut, segera periksakan ke dokter dan ketahui dengan pasti apa yang terjadi.

2. Nyeri Panggul

Nyeri pada panggul dapat dialami pada penderita kanker serviks stadium awal. Rasa nyeri ini timbul di luar jadwal menstruasi dan dirasakan selama berjam-jam. Semakin lama, rasa nyeri panggul semakin terasa. Rasa nyeri tersebut berawal dari nyeri ringan, sedang, hingga sangat tajam. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan secara medis untuk mengetahui kondisi pastinya.

3. Keputihan yang Tidak Biasa

Keputihan memang bisa dialami oleh wanita pada kondisi tertentu. Akan tetapi, Anda harus lebih waspada ketika kadar keputihan tersebut meningkat. Terlebih lagi apabila keputihan beraroma tidak sedap, sangat berlendir, bahkan berwarna, maka hal ini perlu diwaspadai. Apabila mengalami keputihan yang abnormal atau tidak biasa tersebut, maka bisa jadi mengidap kanker serviks.

4. Pendarahan Abnormal

Ciri-ciri kanker serviks tahap awal berikutnya adalah pendarahan abnormal pada area genital wanita. Pendarahan yang terjadi karena kanker serviks tentu berbeda dengan pendarahan ketika menstruasi. Rentang waktu pendarahan bisa sampai 1 bulan dengan jumlah sedikit ataupun banyak. Pendarahan berpotensi semakin parah apabila tidak segera memperoleh penanganan.

5. Gangguan Pencernaan

Ciri selanjutnya adalah gangguan pada sistem pencernaan. Saluran pencernaan menjadi tidak lancar dengan beragam kendala, seperti sembelit ketika buang air besar. Hal ini akan mengakibatkan menurunnya berat badan dan terganggunya aktivitas sehari-hari. Kondisi tubuh yang menurun ini bisa semakin drop dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika hal ini sering terjadi, maka pastikan apa sebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter. Ketahui apa penyebab pastinya mengapa mengalami gangguan pencernaan. Jika tidak, maka kondisi tubuh akan semakin parah dan tentu berbahaya. Segera lakukan pengecekan secara pasti ke dokter dan lakukan penanganan selanjutnya apabila memang benar ada sel kanker.

6. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Peningkatan frekuensi buang air kecil adalah salah satu ciri awal dari wanita yang mengalami kanker serviks. Selain meningkatnya frekuensi, penderita kanker leher rahim juga mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Meskipun demikian, ciri ini belum kuat dijadikan acuan utama. Tetap lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui info pastinya.

7. Sembelit

Persoalan sembelit juga dialami oleh wanita penderita kanker serviks stadium awal. Susah buang air besar ini akan mengganggu sistem pencernaan dan tentunya aktivitas dapat terhambat. Kondisi tubuh juga tidak prima karena tidak lancarnya saluran pencernaan. Bahkan, terkadang timbul rasa sakit saat buang air besar. Fenomena ini tentunya meresahkan karena menimbulkan ketidaknyamanan.

Timbulnya gejala ini juga belum diketahui pasti bahwa terdapat sel kanker yang bersarang dalam tubuh. jika mengalaminya, perlu kepastian lebih lanjut tentang penyebabnya. Untuk itu, segera dilakukan pemeriksaan dini. Segera ketahui lebih lanjut penyebabnya dengan periksa ke dokter. Lebih cepat Anda mengetahui, maka itu lebih baik.

8. Kehilangan Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan merupakan salah satu ciri-ciri kanker serviks stadium awal. dengan demikian, asupan energi ke dalam tubuh menjadi berkurang. Nutrisi yang ada dalam makanan juga tidak dapat dikonsumsi. Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka sistem imun akan terus menurun dan memberikan kesempatan pada sel kanker untuk berkembang.

9. Kelelahan

Lelah atau letih dapat terjadi karena kurangnya asupan energi ataupun ketidakseimbangan antara aktivitas dengan jumlah energi yang dimiliki tubuh. Kelelahan ini sering dialami oleh penderita kanker serviks pada tahap awal. Rasa lelah tersebut berhubungan dengan kurangnya energi yang masuk dalam tubuh, di mana selera makan hilang seketika.

10. Sakit Saat Berhubungan Intim

Ciri yang terakhir adalah timbulnya rasa sakit saat berhubungan intim dengan pasangan. Rasa sakit yang dialami juga tidak seperti pada umumnya, namun cenderung disertai perih. Bahkan, bisa juga sampai mengalami pendarahan karena leher rahim mengalami iritasi. Apabila terjadi hal seperti ini, sebaiknya segera melakukan tindakan untuk periksa ke dokter.

🔥71

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *